Perintahkan Polri Jaga Keamanan G20, Jokowi: Ini Wajah Indonesia

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 3 Desember 2021
Polri diminta untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama acara Presidensi G20 di Bali pada 2022.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama acara Presidensi G20 di Bali pada 2022.

"Ini adalah wajah Indonesia dan kita adalah negara berkembang pertama yang menjadi ketua G20. Jangan sampai ada letupan sekecil apapun yang berkaitan dengan keketuaan kita di G20," kata Jokowi saat meberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah Tahun 2021 di Badung, Bali, Jumat (3/12/2021).

G20 merupakan forum global yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa (UE) yang mencakup 60 persen populasi dunia. G20 menyumbang 80 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia serta 75 persen ekspor dunia.

Para pimpinan negara G20 yang akan terlibat pada KTT G20 di Indonesia pada 2022 adalah Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Afrika Selatan, Republik Korea, Turki, Inggris, Amerika Serikat, Australia, Argentina, Brasil, Kanada, China, Uni Eropa, Jerman, Prancis dan India.

“Kita sudah berada di dalamnya sehingga harus menjaga betul-betul kehormatan dan kepercayaan yang diberikan kepada negara kita Indonesia. Sehingga sekali lagi, harus kita jaga betul-betul,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan selaku pemegang Presidensi G20 pada 2022, Indonesia akan fokus pada tiga isu strategis yakni penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan. Terdapat sekitar 150 pertemuan dan forum yang akan digelar dalam kegiatan tersebut.



Baca juga artikel terkait PRESIDENSI KTT G20 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight