Peringati Sumpah Pemuda, Jokowi Ajak Anak Muda Turun ke Sawah

Oleh: Maya Saputri - 28 Oktober 2017
Menurut Presiden, pengelolaan pasca-panen di sektor pertanian juga penting untuk diperhatikan demi memberi nilai tambah komoditas.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengajak anak muda Indonesia turun ke sawah untuk menggeluti bidang pertanian secara modern.

"Saya ingin mengajak anak-anak muda kita untuk mau terjun ke sektor pangan dan sektor pertanian dengan cara-cara manajemen modern, karena selama ini yang kita lihat kita terlalu fokus pada budi daya pertanian," kata Presiden dalam diskusi interaktif bersama pemuda-pemudi Indonesia saat merayakan Peringatan Sumpah Pemuda di Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu (28/10/2017).

Menurut Presiden, pengelolaan pascapanen di sektor pertanian juga penting untuk diperhatikan demi memberi nilai tambah komoditas.

Pemerintah mendukung inovasi yang dirintis pengusaha muda dalam membangun pertanian modern, mulai pra-penanaman hingga pasca-panen sehingga meraih peluang besar dalam sektor pangan.

"Tanaman apa pun, masuk ke padi silakan, tadi saya lihat ada yang masuk ke rempah-rempah, ada yang masuk ke tanaman organik. Saya kira ke depan juga sangat menjanjikan tadi dengan packaging yang baik atau kemasan yang baik, tanaman tanaman organik ini sangat akan diminati oleh masyarakat, oleh negara-negara lain," jelas Jokowi.

Dia mengajak anak muda untuk mengikuti pendidikan luar ruangan untuk mempelajari hal-hal riil yang terjadi di lapangan.

"Dimasukkan saja anak-anak ke hutan juga tidak apa-apa juga, masukkan saja anak-anak kita ke sawah juga tidak apa-apa, ya yang penting di luar ruangan," kata Presiden.

Pada acara ini, Presiden mengundang sejumlah pemuda berprestasi, memiliki usaha rintisan dan gagasan membangun bangsa mulai dari komunitas skateboard, UMKM Foodtruck, hingga komunitas modifikasi sepeda motor.

Presiden Joko Widodo juga mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lain untuk mengusung konsep foodtruck. Kepala Negara menilai inovasi sistem penjualan itu dapat mulai dikembangkan di wilayah DKI Jakarta.

Komunitas foodtruck diundang ke acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober oleh Badan Ekonomi Kreatif dan Kantor Staf Kepresidenan untuk menyajikan makanan dan minuman bagi para peserta.

Baca juga artikel terkait SUMPAH PEMUDA atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri