Peringati Hardiknas, Mendikbud Siap Mereformasi Pendidikan

Oleh: Yuliana Ratnasari - 2 Mei 2017
Dibaca Normal 1 menit
Dalam tataran konseptual, Mendikbud sedang mengupayakan agar karakter kembali menjadi fondasi dan ruh pendidikan nasional.
tirto.id - Memperingati Hari Pendidikan Nasional Hardiknas), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan pihaknya bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional, baik pada tataran konseptual dan manajerial.

"Kami bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Dalam tataran konseptual, sekarang sedang diupayakan agar karakter kembali menjadi fondasi dan ruh pendidikan nasional," ujar Muhadjir Effendy dalam peringatan Hardiknas di Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Muhadjir menjelaskan, pembentukan karakter akan dimulai dan menjadi prioritas saat siswa berada pada jenjang pendidikan dasar. Kemudian untuk jenjang pendidikan lebih lanjut, kondusinya harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin.

"Memungkinkan peserta didik membekali dirinya dengan keterampilan dan keahlian yang berdaya kompetisi tinggi, yang dibutuhkan dunia abad 21," tegas Muhadjir.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu juga mengatakan, melalui karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan tegak di antara bangsa-bangsa maju yang lain di masa yang akan datang.

"Dengan demikian, keberadaan bangsa Indonesia di tengah bangsa lain menjadi lebih bermartabat, berdaulat, dan bermaslahat," paparnya.
Untuk itu, dalam reformasi pendidikan nasional ini, Muhadjir menambahkan, kerja keras yang kontruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan.

Muhadjir juga mengajar segenap masyarakat untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi kemajuan dan keunggulan pendidikan.

"Dengan begitu maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan berkualitas yang merata, dalam makna dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa, maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud," papar dia.

Seperti dilansir dari Antara, peringatan Hardiknas 2017 ini mengusung tema "Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas". Peringatan Hardiknas di lingkungan Kemdikbud dimulai dari upacara, diskusi kebangsaan, dangdutan hingga makan bersama.

Baca juga artikel terkait HARI PENDIDIKAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight