Perbedaan Spesifikasi Vivo Y1s & Vivo Y12s Harga Terpaut Rp300 Ribu

Oleh: Ibnu Azis - 15 Desember 2020
Dibaca Normal 3 menit
Perbedaan spesifikasi Vivo Y12s dan Vivo Y1s yang dibanderol dengan harga selisih Rp300 ribu. Ponsel Vivo seri Y mana yang cocok untuk Anda?
tirto.id - Vivo Y1s menjadi andalan hp Android terbaru Vivo di penghujung 2020 untuk seri Y setelah Vivo Y12s mencuri perhatian pada November lalu. Harga dua ponsel entry-level ini hanya terpaut Rp300 ribu. Apa perbedaan di antara keduanya terkait spesifikasi yang diusung?

Apabila spesifikasi Vivo Y1s dan Vivo Y12s dibandingkan, cukup tipis perbedaan di antara keduanya, lantaran dua ponsel ini sama-sama menyasar segmen entry-level. Entry-level adalah segmen kelas yang menyasar pengguna yang baru beralih dari ponsel fitur ke smartphone.

Entry-level juga bisa diterjemahkan sebagai segmen yang dihuni oleh pengguna yang ingin merasakan canggihnya sebuah smartphone tapi masih nyaman memakai ponsel fitur. Oleh karena itu perangkat entry-level biasanya dihuni oleh ponsel-ponsel yang fiturnya dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunaan smartphone harian.

Hal itu juga berlaku pada Vivo Y1s dan Vivo Y12s. Masing-masing ponsel ini dibekali dengan spesifikasi yang "cukup", yang mana sudah sangat cukup mumpuni untuk mengeksekusi aktivitas penggunaan smartphone sehari-hari pengguna, macam bermain media sosial, menonton streaming video YouTube, mendengarkan musik secara streaming, kebutuhan fotografi dasar, termasuk bermain game ringan.

Meski begitu, di atas kertas Vivo Y12s memiliki spesifikasi lebih baik dari Vivo Y1s lantaran dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal. Bila dikulik lebih dalam lagi, Vivo Y12s unggul pada spesifikasi kamera (kuantitas kamera belakang lebih banyak), baterai (kapasitas baterai lebih besar), dan RAM (kapasitas RAM lebih besar). Berikut ini spesifikasi dan harga dua perangkat itu.


Harga dan Spesifikasi Vivo Y12s

Vivo Y12s didukung Elegant Glass Look Design untuk body finishing-nya yang bikin smartphone ini seolah dilapisi oleh bahan kaca dan membuatnya tampak lebih elegan. Penempatan tombol kunci layar di sisi samping bodi bikin Vivo Y12s tampak lebih mewah.

Vivo Y12s adalah pilihan tepat bagi para pengguna yang membutuhkan smartphone yang tahan lama dalam hal daya untuk menemani beraktivitas seharian lantaran didukung dengan kapasitas baterai besar 5.000 mAh.

Vivo mengklaim seri Y12s mampu bertahan hingga lebih dari 8 jam bermain game yang berat, lebih dari 16 jam saat menonton video, 23 jam untuk panggilan telepon non-setop, dan lebih dari 1 bulan dalam keadaan standby.

Dari segi performa, Vivo Y12s didukung dengan 3GB RAM dan 32GB ROM yang dapat ditambah hingga 256GB menggunakan memori eksternal untuk menyimpan berbagai file meliputi dokumen, foto, lagu hingga video berukuran besar sekalipun.

Pada panel, Vivo Y12s mengusung Ultra All Screen dengan ukuran layar 6,51 inch beresolusi HD+. Layarnya didukung dengan Eye Protection Mode yang mampu menyaring sinar biru pada smartphone sehingga mata pengguna dapat merasa nyaman dan tetap aman.

Vivo Y12s juga memanjakan gamer lantaran didukung dengan Multi-Turbo 3.0 yang memberikan pengalaman terbaik seperti mengurangi lag, memaksimalkan koneksi internet, mempercepat loading aplikasi serta menjaga temperatur tetap rendah.

Untuk software, Vivo Y12s didukung oleh Funtouch OS 11 berbasis Android 10 yang semakin menyempurnakan pengalaman pengguna dalam menggunakan smartphone sehari-hari.
Dari segi kamera, Vivo Y12s mengusung kamera belakang beresolusi 13MP pada lensa utama dan 2MP pada lensa super bokeh. Sedangkan di bagian depan didukung dengan kamera depan beresolusi 8MP.

Saat diperkenalkan pada 26 November 2020 lalu, Vivo Y12s dibanderol seharga Rp1.999.000.


Harga dan Spesifikasi Vivo Y1s

Vivo membekali seri Y1s dengan baterai berkapasitas 4.030mAh yang didukung manajemen daya pintar. Manajemen pintar ini bikin Vivo Y1s bekerja lebih lama untuk pengalaman menonton video dan bermain game. Pengguna tak perlu khawatir perangkat kehabisan baterai.

Pada memori, Vivo Y1s dibekali kapasitas penyimpanan internal lapang di kelasnya yaitu 32GB yang bisa diperluas hingga 256GB melalui slot kartu microSD. Pengguna diberi keleluasaan untuk menyimpan lebih banyak file macam foto, video, termasuk aplikasi.

Beralih ke layar, Vivo Y1s mengusung tampilan luas Ultra All Scree Display dengan diagonal panel sebesar 6,22 inci. Layarnya punya rasio layar-ke-bodi sebesar 88,6 persen. Artinya, tampilan luas ini bikin aktivitas menonton video atau bermain game akan lebih maksimal. Ponsel ini juga dibekali fitur untuk menyaring cahaya biru yang berbahaya guna melindungi mata.

Pada desain, Vivo Y1s mengusung bodi ramping yang mengutamakan kenyamanan saat digenggam. Ponsel ini menggunakan desain 3D yang elegan. Kendati kapasitas baterai yang diusung besar, Vivo Y1s tetap ringan dengan berat 161 gram dan ketebalan 8,28 milimeter. Vivo Y1s pun tetap nyaman dan mudah untuk dioperasikan menggunakan satu tangan.

Ponsel yang tersedia dalam varian warna Aurora Blue dan Olive Black ini dibekali fitur AI Face Beauty untuk kebutuhan fotografi guna menyempurnakan warna dan tekstur kulit. Fitur ini akan menghasilkan foto yang natural dan cantik alami.

Untuk fitur keamanan, Vivo Y1s mengandalkan Face Acces yang dapat membuka kunci ponsel Anda melalui sensor pengenalan wajah secara cepat.

Sementara untuk software, Android 10 di Vivo Y1s dibalut dengan antarmuka Funtouch OS 10.5 yang kaya fitur. Fiturnya macam Efek Dinamis yang menawarkan opsi animasi layar yang dapat digunakan saat membuka kunci ponsel, menggunakan Face Access, dan interaksi lainnya.

Ada pula fitur Mode Gelap yang bisa diatur secara otomatis atau manual, yang bikin penggunaan ponsel lebih nyaman dengan baterai yang lebih tahan lama.

Vivo Y1s bisa dibeli secara online melalui toko ofisial Vivo Indonesia di e-commerce Lazada dan Shopee. Di dua e-commerce itu, Vivo Y1s dibanderol dengan harga Rp1.699.000.


Berikut ini tabel perbandingan spesifikasi Vivo Y1s dan Vivo Y12s untuk memahami letak perbedaan "spek" di antara dua ponsel tersebut.

Spesifikasi
Vivo Y12s
Vivo Y1s
Layar 6,51 inci HD+ 6,22 inci HD+
Kamera 13MP + 2MP 13MP
Selfie 8MP 5MP
Baterai 5.000mAh 4.030mAh
RAM 3GB 2GB
Memori 32GB 32GB
CPU Helio P35 Helio P34
Harga Rp1.999.000 Rp1.699.000


Ponsel Vivo Seri Y Mana yang Cocok?

Vivo Y12s layak dipertimbangkan bagi pengguna yang gemar dengan fotografi kendati harganya lebih mahal. Pasalnya, Vivo Y12s sudah memakai kamera ganda yang salah satunya ialah lensa bokeh. Sementara Vivo Y1s hanya memakai setelan kamera belakang tunggal.

Lain itu, Vivo Y12s juga dibekali kamera selfie dengan resolusi lebih tinggi, yaitu 8MP, dibandingkan dengan Vivo Y1s yang memiliki resolusi lensa lebih kecil yaitu 5MP.

Vivo Y12s juga layak dipertimbangkan bagi pengguna yang lebih banyak menghabiskan waktu bersama ponsel untuk bermain game. Pasalnya, Vivo Y12s dibekali dengan kapasitas baterai besar termasuk untuk kapasitas RAM-nya. Dua faktor ini cukup signifikan dalam kenyamanan aktivitas gaming.

Jangan lupakan pula bahwa Vivo Y12s juga dibekali fitur gaming Multi-Turbo 3.0 yang kaya fitur, cocok untuk mereka para gamer.

Sementara Vivo Y1s bisa jadi opsi bagi konsumen yang memiliki bujet terbatas tapi ingin merasakan kecanggihan smartphone entry-level. Di atas kertas, performa perangkat ini beda-beda tipis dengan Vivo Y12s lantaran menggunakan chipset yang sama yaitu Helio P35.

Secara teori pun performa chipset entry-level dari MediaTek itu sudah cukup mumpuni untuk meladeni kebutuhan penggunaan smartphone harian, macam bermain media sosial hingga streaming video atau musik.


Baca juga artikel terkait VIVO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight