Perayaan Valentine saat Pandemi: Ide 6 Aktivitas bersama Pasangan

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 9 Feb 2022 22:19 WIB
Dibaca Normal 4 menit
Perayaan Valentine saat pandemi tentunya berbeda dari biasanya. Berikut ini sejumlah ide aktivitas cara merayakannya bersama pasangan yang dapat Anda coba.
tirto.id - Perayaan Valentine saat pandemi tentu terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Namun, terdapat sejumlah aktivitas yang dapat Anda coba bersama pasangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Merayakan hari kasih sayang bersama orang tercinta bisa dilakukan dengan sedikit perubahaan seperti menjaga jarak, memakai masker, atau bahkan perayaan secara virtual, demikian ditulis Cosmopolitan.

Perubahaan suasana hati selama pandemi sedikit banyak juga mempengaruhi hubungan dengan pasangan baik bagi mereka yang selama satu tahun ini berdiam bersama di rumah atau terpaksa terpisah karena pandemi, demikian dikutip dari Metro.



Perayaan Valentine Era Pandemi


Berikut ini ide enam aktivitas merayakan hari kasih sayang selama pandemi menurut Healthline.

1. Kurangi Tekanan

Jika merencanakan sesuatu untuk hari Valentine hanya akan menambah stres, lebih baik jangan curahkan perhatian pada tanggal 14 Februari.

Jess O’Reilly, PhD, pembawa acara podcast Sex with Dr. Jess, menekankan untuk fokus pada gerakan yang lebih kecil seperti menggosok bahu mereka jika mereka sedang melakukan panggilan yang membuat stres atau membawakan mereka kopi atau teh sebelum mereka bangun di pagi hari.

“Investasi harian lebih penting daripada perayaan di bulan Februari,” katanya.

Jika lebih suka merayakannya pada hari sebelum atau sesudah Hari Valentine, itu juga dapat membantu meredakan tekanan.


“[Anda] dapat mengejutkan pasangan Anda. Pesan dan manjakan diri Anda atau coba resep baru bersama. Jika Anda tidak menyukai makanan, daftar untuk mencicipi anggur atau bir online. Atau ikut kelas bersama - melukis, membuat sketsa, yoga, atau apa pun yang menarik minat Anda, ”kata O’Reilly.

2. Ubah Rutinitas

Lawrence Lovell, penasihat kesehatan mental dan pendiri Breakthrough Solutions menyarankan untuk fokus berhenti dari rutinitas bersama pasangan saat merayakan hari Valentine.

“Tidak harus drastis supaya bisa istimewa,” ujarnya.

Misalnya, jika Anda biasanya makan malam dan pergi ke bioskop dengan pasangan Anda, ubahlah dengan:

  • Mengadakan pesta dansa di rumah
  • Menulis catatan sentimental
  • Memesan bunga atau cokelat
  • Main game
  • Mempersiapkan mandi untuk atau dengan pasangan
  • Mendekorasi ruangan dengan balon atau pita

“Bagian terpenting dari hari Valentine dan hari libur lainnya adalah memberikan perhatian penuh pada saat ini, seperti lebih banyak kontak mata, ungkapkan penghargaan, ucapkan terima kasih, dan tunjukkan cinta,” kata Lovell.

3. Mengatur Ulang Lingkungan

Selama pandemi kemungkinan ruangan berfungsi sebagai kantor, sekolah, kamar tidur, dan banyak lagi.

“Bisakah Anda menata ulang furnitur atau memesan sesuatu yang baru, seperti bola lampu berwarna atau seprai baru” kata O’Reilly.

4. Berjalan dan Bicara

Saat tempat tujuan yang sering dijadikan destinasi untuk menghabiskan waktu kala Valentine tiba hampir semuanya ditutup akibat pandemi, berjalan-jalan bersama adalah cara aktif untuk "melakukan percakapan yang bermakna tanpa tekanan untuk memicu romansa," kata O’Reilly.

Dalam bukunya, "The Ultimate Guide to Seduction and Foreplay", O’Reilly memberikan ratusan petunjuk untuk memicu percakapan yang intim, termasuk hal-hal berikut yang dimaksudkan untuk mendorong refleksi di masa lalu, seperti pembahasan berikut:

  • Apa hal pertama yang Anda perhatikan tentang kekasih Anda?
  • Apa yang pertama kali membuat Anda tertarik pada kekasih Anda?
  • Pada kencan pertama Anda, apa yang paling membuat Anda bersemangat?
  • Pada kencan pertamamu, apa yang membuatmu gugup?
  • Apakah Anda ingat pertama kali Anda berciuman? Apa rasanya?
  • Apakah Anda ingat pertama kali Anda tidur bersama? Apa rasanya?
  • Momen intim canggung apa yang tidak ingin Anda hidupkan kembali, tetapi dapat ditertawakan sekarang?
  • Bisakah Anda mengingat pertemuan terliar / terpanas yang pernah Anda alami? Apa yang membuatnya begitu berkesan?
  • Bagaimana pasangan Anda berubah menjadi lebih baik sejak Anda pertama kali bertemu?

5. Hilangkan Stres yang Mempengaruhi Kehidupan Seksual

Teralyn Sell, PhD, psikoterapis dan pakar kesehatan otak, mengatakan stres berkontribusi pada penurunan gairah seks.

“Kortisol adalah hormon stres Anda dan seiring waktu (dan dengan stres kronis), hormon itu bisa hilang. Beberapa gejala yang perlu diperhatikan kortisol Anda adalah kelelahan, perasaan lelah dan lelah, kewalahan, libido rendah, penambahan berat badan, dan banyak lagi, ”kata Sell kepada Healthline.

Karena tubuh tumbuh subur dalam menciptakan homeostasis keadaan kondisi internal, fisik, dan kimia yang stabil, ketika kortisol tidak seimbang, ia akan mencuri dari hormon seks untuk menebus kekosongan, kata Sell.

"Sehingga membuat Anda mengalami kelesuan seksual," kata Sell.

Untuk merasa lebih seksi di Hari Valentine, katanya pikirkan saat-saat Anda dalam kondisi terbaik dan manfaatkan keintiman Hari Valentine.

“Kebanyakan orang menganggap Hari Valentine sebagai malam kencan. Tetapi jika Anda kehabisan energi setelah jam 5 sore (atau sebelumnya), itu bukan saat yang tepat bagi Anda untuk merasa paling seksi. Sebaliknya, pilih saat tingkat energi Anda sedang dalam kondisi terbaik dan mulai dari sana, ”katanya.

Misalnya, jika Anda bangun dengan perasaan yang terbaik, dia menyarankan untuk melakukan kencan sarapan di tempat tidur diikuti dengan mandi pasangan.

“Tetapkan niat Anda sejak dini dan buat komitmen pada diri Anda sendiri karena Anda pantas mendapatkan kesenangan,” kata Sell.

6. Rayakan dengan Orang Lain

Daripada berfokus pada cinta romantis, O’Reilly menyarankan untuk merayakan jenis cinta lain, seperti dengan orang tua, tetangga yang lebih tua, teman lajang, atau pasangan lain.

"Tergantung pada batasan lokal (dan cuaca), Anda mungkin dapat bertemu di luar atau merencanakan sesuatu secara virtual," katanya.


Rekomendasi Kado Valentine untuk Pasangan


Orang-orang biasanya menyiapkan kado Valentine untuk merayakan Hari Kasih Sayang. Dikutip USA Today, pemberian kado Valentine bisa ditujukan kepada pasangan, sahabat, anak, atau anggota keluarga sebagai bentuk penghargaan.

Kado bisa membuat penerima merasa dimanja serta dapat menikmati hadiahnya. Berikut ini beberapa rekomendasi kado untuk merayakan Valentine seperti dikutip dari Insider.

1. Alat Perawatan Diri

Penerima kado bisa merasakan bahwa yang memberikannya menghargai kesehatan orang yang disayangnya. Mulai dari produk kecantikan, hingga perawatan tubuh lainnya, akan memberikan kesan tersendiri mengenai perhatian sesungguhnya.

2. Piyama

Pakaian yang dipakai untuk tidur ini terkesan tidak bermakna. Namun, jika dipakai ketika tidur oleh penerima, mungkin saja bisa mengingatkan terhadap orang yang memberikannya serta kasih sayang sesungguhnya.

3. Buku untuk Diisi Bersama

Memberikan hadiah semacam buku memang hal yang biasa. Akan tetapi, jika isi bukunya adalah catatan kebersamaan mungkin akan menambah keakraban di antara pasangan, orang tua dengan anaknya, serta seseorang dengan sahabatnya.

4. Aplikasi Ebook

Jika memiliki pasangan atau anggota keluarga yang suka membaca, mungkin ini adalah rekomendasi yang tepat. Dengan begitu, seseorang bisa mendukung kegemaran orang yang disayanginya dengan menyuguhkan platform yang sesuai.

5. Membelikan Langganan Streaming Favorit Pasangan

Menonton film, drama, atau bahkan olahraga kini banyak disuguhkan melalui platform layanan streaming. Sebelum membeli akses langganan, ketahui dahulu layanan apa yang digunakan oleh orang yang disayangi.

6. Kartu Ucapan yang Kreatif

Kado Valentine yang satu ini bisa dibeli di toko-toko daring saat ini. Namun, usahakan mencari kartu yang penuh pembaruan dan dapat dijadikan sebagai hiasan atau dekorasi kamar.

7. Foto yang Dipersonalisasi

Hadiah ini bisa dibuat sendiri. Seseorang hanya perlu mencetak foto kenangan bersama pasangan, keluarga, atau sahabatnya lalu mendekorasinya melalui desain yang diinginkan.


Baca juga artikel terkait VALENTINE atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight