Perayaan Malam Tahun Baru 2018 di Berbagai Belahan Dunia

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 31 Desember 2017
Dibaca Normal 2 menit
Pertunjukan kembang api menjadi tradisi yang dilakukan sejumlah kota di dunia untuk merayakan pergantian tahun.
tirto.id - Malam nanti, 31 Desember 2017, penduduk di berbagai belahan dunia akan merayakan pergantian ke 2018. Masing-masing kota memiliki tempat yang menjadi langganan pusat keramaian saat Tahun Baru. Dan, kembang api menjadi pertunjukan utama yang disuguhkan untuk menghibur warga dan wisatawan.

Sepuluh kota di bawah ini, seperti dikutip dari CNN, menjadi tempat paling indah untuk melihat kembang api, menyambut tahun berganti.

1. Sydney, Australia

Sydney menjadi salah satu kota di dunia yang merayakan tahun baru tepat tengah malam. Pesta kembang api di Sydney dilakukan di Sydney Harbour dengan latar belakang keindahan Opera House dan Harbour Bridge. Di sekitar Sydney Harbour terdapat pulau-pulau kecil yang juga bisa menjadi tempat untuk melihat pesta kembang api.

Bonusnya, musim panas baru saja dimulai di Sydney, sehingga perayaan Tahun Baru 2018 juga bisa dilakukan di beberapa pantai, seperti Manly, Bondi, dan Bronte.

2. Hongkong

Kembang api akan menghiasi langit Hongkong yang indah di malam Tahun Baru. Cahaya kembang api akan menerangi Victoria Harbour dengan diiringi musik.

Pemandangan ini bisa dilihat dari beberapa hotel di sekitar daerah itu, seperti Ikon Hotel dan Park Lane. Biasanya, orang-orang berkumpul beberapa jam lebih awal di Star Ferry Pier (Tsim Sha Tsui) untuk menikmati pertunjukan teater, tari-tarian, dan sirkus.

Jika sedang berada di Hongkong saat Tahun Baru, jangan lupa juga untuk mengunjungi Ocean Park, salah satu pusat hiburan yang cukup terkenal di Hongkong.

3. Bangkok

Bangkok menempati daftar kota dengan night life terbaik di Asia. Jadi tak perlu heran jika perayaan Tahun Baru di kota ini juga disorot wisatawan.Jika Anda menyukai tempat yang ramai dan suka berpesta pora, maka Bangkok adalah pilihan yang tepat.

Perayaan Tahun Baru 2018 akan dilakukan di pusat keramaian seperti Times Square, Central World Plaza. Tempat lain yang biasanya digunakan untuk merayakan Tahun Baru adalah kawasan perbelanjaan Asiatique dan di sepanjang Sungai Chao Praya.

Beberapa bar di Bangkok juga bisa dijadikan pilihan untuk merayakan pergantian tahun, seperti Red Sky atau restoran rooftop, Sirocco yang menyuguhkan pemandangan indah langit Bangkok.

4. Dubai

The Burj Khalifa adalah tempat paling populer di Dubai untuk merayakan tahun baru. Tempat ini merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia dengan ketinggian (2.7165,5 kaki), sekaligus menjadi tempat melihat kembang api paling indah.

Tak jauh dari situ, ada Burj Plaza, tempat yang lebih tenang dan cocok untuk keluarga. Beberapa restoran seperti Cavalli Club Dubai dan Dubai Mall juga menjadi pilihan untuk merayakan tahun baru di sana.

5. Moskow

Historic Red Square merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi di Moskow, karena memiliki visual yang sangat indah jika diterangi cahaya kembang api. Tempat-tempat bersejarah seperti makam Vladimir Lenin juga ramai dikunjungi saat libur akhir tahun. Anda juga bisa melakukan tur sisa peninggalan Perang Dingin di era Soviet.

6. Cape Town

Cape Town, Afrika salah satu kota paling indah di dunia, menyuguhkan pertunjukan kembang api spektakuler. Biasanya, orang-orang juga akan mengunjungi kebun anggur saat menikmati libur Tahun Baru di sana, karena Cape Town baru saja memasuki musim panas.

7. London

Jika Anda berkunjung di London pada saat libur akhir tahun, maka jangan lewatkan Sungai Thames untuk menonton pertunjukan kembang api. Kebanyakan orang yang ingin menonton secara gratis biasanya mengunjungi puncak bukit, seperti Primrose Hill, Parliament Hill di Hampstead Heath, Greenwich Park, dan Alexandra palace.

8. Rio de Janeiro

Sekitar dua juta orang mengunjugi Rio de Janeiro setiap malam tahun baru. Pertunjukan kembang api utama akan dilakukan di Pantai Copacabana dengan diiringi pertunjukan musik dari African Symphonic Orchestra.


9. New York

New Work memiliki perayaan khas the ball drop yang dilakukan di Times Square, Manhattan. The ball drop menjadi tradisi yang dilakukan sejak 1907, kecuali saat Perang Dunia II. Sebuah bola cahaya akan dijatuhkan perlahan di Times Square sebagai penanda pergantian tahun.

Ada beberapa tempat di New York yang bisa jadi pilihan lain selain Times Square, seperti Brooklyn, Bronx, Queens, dan Staten Island.

10. Las Vegas

Pada malam Tahun Baru, beberapa jalan di Las Vegas akan ditutup dan dikhususkan untuk pejalan kaki, misalnya The Strip. Tepat tengah malam, berbagai kasino di Las Vegas akan menembakkan rentetan kembang api dari atap bangunan.

Penduduk Las Vegas biasa menyaksikannya dari Stratosphere Tower. Tak hanya kembang api, Vegas juga menyuguhkan pertunjukan dari David Copperfield dan Blue Man Group.


Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight