Piala Dunia 2018

Perancis vs Belgia 1-0: Samuel Umtiti Man of The Match!

Oleh: Iswara N Raditya - 11 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Gol Samuel Umtiti mengantarkan Perancis mendepak Belgia sekaligus lolos ke final Piala Dunia 2018.
tirto.id - FIFA menetapkan Samuel Umtiti sebagai man of the match alias pemain terbaik dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 antara Perancis vs Belgia yang telah usai dihelat di Stadion Saint Petersburg, Rusia, pada Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Umtiti mencetak gol tunggal yang membawa Perancis lolos ke final sekaligus membuat Belgia terdepak.

Tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai. Baru kemudian pada menit 51 seisi stadion bersorak setelah Perancis berhasil memecah kebuntuan lewat Umtiti. Bermula dari tendangan sudut Antoine Griezmann, Umtiti dengan jitu menyundul bola yang tidak mampu diantisipasi oleh Thibaut Courtois.

Ini merupakan gol pertama bagi Umtiti di Piala Dunia 2018, juga menjadi gol ketiganya selama memperkuat Les Blues sejak 2016 lalu. Sementara saat masih membela Timnas Perancis usia muda, dari U19, U20, hingga U21, bek milik Barcelona ini mengoleksi 2 gol.

Sementara bagi Perancis, gol Umtiti ini menjadi gol yang dicetak oleh tiga pemain belakang di Piala Dunia sejak edisi 1998. Dua bek sebelumnya yang juga melesakkan gol di Rusia adalah Benjamin Pavard dan Raphael Varane.




Di Piala Dunia 2018 silam yang digelar di negaranya sendiri, tiga bek Perancis juga berhasil menyumbangkan gol, yaitu Bixente Lizarazu, Laurent Blanc, dan Lilian Thuram. Les Blues pun berhasil menjadi juara kala itu.

Gol semata wayang Umtiti mengantarkan Perancis ke final Piala Dunia untuk ketigakalinya sejak 1998 dan 2006. Di partai puncak, skuad asuhan Didier Deschamps akan menghadapi pemenang laga semifinal lainnya antara Inggris melawan Kroasia.

Susunan Pemain Perancis vs Belgia

Perancis: 1-Hugo Lloris; 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 13-N'Golo Kante, 6-Paul Pogba, 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi; 9-Olivier Giroud | Pelatih: Didier Deschamps

Belgia: 1-Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, 4-Vincent Kompany, 5-Jan Vertonghen; 7-Kevin De Bruyne, 6-Axel Witsel, 8-Marouane Fellaini, 19-Moussa Dembele, 22-Nacer Chadli; 10-Eden Hazard, 9-Romelu Lukaku | Pelatih: Roberto Martinez

Wasit: Andres Cunha (Uruguay)



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight