World Cup 2018

Perancis Juara Piala Dunia 2018: Apa Saja yang Dilakukan Giroud?

Oleh: Iswara N Raditya - 16 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Olivier Giroud sama sekali tidak mencetak gol bagi Timnas Perancis di sepanjang turnamen Piala Dunia 2018.
tirto.id - Perancis dipastikan meraih gelar juara Piala Dunia 2018 di Rusia setelah menghantam Kroasia dengan skor 4-2 di laga final. Namun, di balik penampilan gemilang Les Blues sepanjang turnamen sepakbola paling akbar sejagat ini, Olivier Giroud justru nihil gol kendati selalu ditempatkan sebagai striker utama Perancis.

Giroud tampil dalam 7 pertandingan di Piala Dunia 2018 dengan total waktu 546 menit. Namun, striker Chelsea ini sama sekali tidak mampu mencetak gol. Ia memang menyumbangkan 3 assist, namun itu belum cukup mengingat perannya sebagai target man.

Di partai puncak kontra Kroasia, pelatih Didier Deschamps kembali memasang Giroud sejak menit pertama. Lantas, apa yang dilakukannya sepanjang laga? Sama sekali tidak ada tembakan ke arah gawang lawan yang sanggup dilepaskannya.

Satu-satunya aksi Giroud yang lumayan terlihat di laga tersebut adalah pergerakannya dengan bola menjelang gol ketiga Les Blues yang dilesakkan oleh Paul Pogba di menit 59. Giroud akhirnya digantikan oleh Nabil Fekir 10 menit jelang laga usai.




Kendati begitu, Giroud tetap pasang tampang percaya diri. Baginya, tidak menghasilkan gol bukan persoalan besar, yang terpenting tim meraih kemenangan dan ia pun sejatinya tidak benar-benar nir kontribusi bagi Perancis di sepanjang Piala Dunia 2018.

“Saya kira, saya sudah tampil cukup baik di Piala Dunia 2018. Memang belum ada gol yang bisa saya ciptakan, namun saya sudah memberikan tiga assist, dan saya tidak mempedulikan itu,” tukas Giroud seperti dikutip dari FourFourTwo beberapa waktu lalu.

Eks pemain Arsenal ini masih punya pembelaan lain. “Stephane Guivarch juga main apik di Piala Dunia 1998 walau tak menyumbangkan gol,” elaknya.

Guivarch yang dimaksud adalah salah satu striker Perancis saat Les Blues menjuarai Piala Dunia 1998 silam. Guivarch main di 6 laga namun nihil gol.

Bedanya, Guivarch saat itu bukan striker utama Perancis dan kalah mentereng dari Thierry Henry maupun David Trezeguet. Sementara Giroud sejak mula memang diplot sebagai bomber utama pasukan Ayam Jantan, bahkan selaku target man satu-satunya lantaran tidak dibawanya Karim Benzema.

Tanpa gol di Piala Dunia 2018, namun Giroud tetap saja menjadi striker yang dibutuhkan Perancis saat ini. Ia bahkan masih berada di jajaran pencetak gol terbanyak Les Blues sepanjang masa dengan 31 gol, sama dengan perolehan Zinedine Zidane, hanya kalah dari Thierry Henry (51 gol), Michel Platini (41 gol), dan David Trezeguet (34 gol).



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight