Penyebab Pori-pori Kulit Wajah dan Cara Menyamarkannya

Oleh: Endah murniaseh - 16 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pori-pori besar di wajah disebabkan oleh jerawat, produksi minyak yang berlebihan dan efek buruk sinar matahari.
tirto.id - Kulit wajah sehat bebas jerawat serta tidak ada pori-pori wajah adalah idaman semua wanita, bahkan pria. Dalam beberapa kasus, jerawat dan pori-pori wajah bahkan membuat tidak percaya diri.

Di sisi lain, bekas jerawat juga akan mengurangi keindahan make up pada wajah. Seperti dilansir Healtline, pori-pori itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti jerawat, produksi minyak yang berlebihan, efek buruk sinar matahari dan make up yang tidak menyumbat pori-pori.

Mengurangi atau menyamarkan pori-pori di kulit wajah bisa saja dilakukan di klinik kecantikan. Namun, bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk bepergian, maka bisa mencoba tips-tips sebagai berikut seperti dilansir dari Healthline.

1. Pilah produk

Pilihlah produk-produk yang digunakan seperti di bawah ini:
  • Astrigen
  • Deep-cleaning facial scrubs
  • Masker oil based
  • Jangan gunakan produk yang dapat menyumbat pori-pori
2. Rajin membersihkan wajah

Rajinlah membersihkan wajah setiap selesai beraktivitas. Untuk kulit yang berminyak gunakanlah pembersih yang berbentuk gel. Sedangkan pembersih yang berbentuk krim baik digunakan untuk kulit dengan kondisi normal hingga kering. Perawatan yang sama untuk semua jenis kulit adalah hindari pembersih yang mengandung sabun serta bahan pembersih.

3. Gunakan tabir surya

Gunakanlah tabir surya dengan SPF yang tinggi, minimal adalah SPF 30. Karena efek buruk matahari juga dapat membuat pori-pori menjadi nampak besar, demikian seperti dilansir WebMD.

4. Perawatan area wajah tertentu

Beberapa area wajah seperti hidung, pipi serta dahi biasanya akan mengeluarkan banyak sebum yang menyebabkan pori-pori akan tampak besar, maka rawatlah bagian-bagian tersebut dengan menggunakan masker.

Hal yang dapat dilakukan lainnya adalah dengan memperbaiki pola makan. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak serta lemak, karena makanan tersebut akan menyebabkan pori-pori tersumbat.

5. Bersihkan make up sebelum tidur

Karena terlalu lelah beraktivitas, terkadang lupa membersihkan make up saat tidur, hal ini sebaiknya dihindari karena make up yang dibiarkan hingga pagi akan menyumbat pori-pori wajah.

Lakukan perawatan sendiri di rumah secara teratur agar hasil yang optimal bisa didapatkan. Serta tidak ada salahnya mengunjungi dokter kulit untuk mengetahui bahwa kondisi kulit tetap sehat serta menggunakan bahan-bahan make up yang aman.


Baca juga artikel terkait JERAWAT atau tulisan menarik lainnya Endah murniaseh
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Endah murniaseh
Penulis: Endah murniaseh
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight