Penyebab Kulit Ketiak Gelap dan Cara Mencerahkannya

Oleh: Rani Rahayu - 26 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Area gelap pada ketiak dapat terjadi ketika sel-sel pigmen di kulit berkembang biak lebih cepat dari biasanya, akibat pencukuran bulu ketiak secara berulang.
tirto.id - Ketiak gelap kadang dianggap sebagai aib dan sesuatu yang tidak diinginkan. Kondisi ketiak gelap menyebabkan seseorang jadi minder dan membatasi diri mereka dalam berpakaian.

Memakai baju yang tidak ada lengannya dan baju renang yang terbuka di depan umum, menjadi suatu hal yang memalukan bagi orang yang tidak nyaman pada ketiak gelap.

Namun, ketiak gelap sebenarnya tidak masalah jika seseorang percaya diri terhadap penampilannya. Namun, jika sudah merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri, cara-cara di bawah ini bisa digunakan untuk mencerahkan ketiak gelap.

Dikutip dari Medical News Today, area gelap pada ketiak dapat terjadi ketika sel-sel pigmen di kulit berkembang biak lebih cepat dari biasanya, akibat pencukuran bulu ketiak secara berulang.

Ada beberapa penyebab kulit ketiak hitam, di antaranya:
  1. Deodorant (iritasi reaksi kimia).
  2. Mencukur (iritasi kulit).
  3. Gesekan dari baju ketat.
  4. Hiperpigmentasi akibat merokok.
  5. Ancanthosis nigricans (tanda diabetes, obesitas, atau kadar hormon abnormal).
  6. Erythrasma (infeksi bakteri).
  7. Penyakit Addison (kelenjar adrenal yang rusak).
  8. Genetika (turunan keluarga).
  9. Penggunaan obat-obatan dosis tinggi, seperti pil KB.
Untuk mencerahkan ketiak, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.
  1. Ganti merk deodorant. Beberapa orang dapat beralih ke alternatif alami seperti, baking soda atau cuka sari apel. Cara ini terbukti ampuh untuk membantu mencerahkan ketiak yang gelap.
  2. Berhenti bercukur, sebaiknya waxing atau laser hair removal untuk menghilangkan bulu ketiak dan menghindari perkembangan sel pigmen pada ketiak.
  3. Gosok bagian ketiak yang gelap dengan menggunakan body scrub, dua hingga tiga kali seminggu.
  4. Pakailah pakaian longgar.
  5. Berhenti merokok.
Cara mencerahkan ketiak dengan bahan alami adalah sebagai berikut.
  1. Kentang: oleskan air dari sari jus kentang ke ketiak, diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas ketiak dengan air dingin.
  2. Timun: iris timun membentuk bulatan tebal, kemudian gosok irisan tersebut pada area ketiak yang gelap selama 10 menit, setelah itu bilas ketiak dengan air dingin.
  3. Kulit jeruk: siapkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air. Campurkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air dengan kulit jeruk, aduk hingga kental. Gosok ketiak dengan lembut menggunakan campuran kulit jeruk tersebut, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air dingin. Hasil akan lebih maksimal dengan pengulangan penggunaan dua hingga tiga kali per minggu.
  4. Kuning telur: sebelum tidur, pijatkan kuning telur ke ketiak, diamkan hingga keesokan harinya dan cuci ketiak dengan sabun.
  5. Minyak kelapa: Gunakan minyak kelapa untuk memijat ketiak hingga 15 menit, kemudian cuci ketiak dengan air hangat dan sabun. Untuk hasil yang maksimal ulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.
  6. Tea tree oil: Campurkan tea tree oil dengan 8 ons air dalam botol semprotan kecil, kemudian semprotkan campuran air ini ke ketiak dan biarkan mengering secara alami. Lakukan setiap hari setelah mandi.
Dilansir Healthline, berikut opsi medical treatment atau perawatan medis untuk mencerahkan ketiak.
  1. Gunakan krim atau lotion yang mengandung hidrokuinon, tretinoin, kortikostreroid, asam azelaic, atau asam kojic.
  2. Terapi laser untuk menghilangkan pigmentasi pada ketiak.
  3. Pengelupasan kulit dengan dengan asam alfa hidroksi dan asam hidroksi beta.
  4. Pembersihan kulit secara menyeluruh menggunakan dermabrasi atau mikrodermabrasi.

Baca juga artikel terkait KESEHATAN KULIT atau tulisan menarik lainnya Rani Rahayu
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Rani Rahayu
Penulis: Rani Rahayu
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight