Penumpang Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni Membludak

Oleh: Alexander Haryanto - 8 Juni 2019
Petugas memberlakukan sistem satu orang perwakilan dari masing-masing keluarga yang ingin membeli tiket sehingga tidak terjadi penumpukan yang parah.
tirto.id - Penumpang arus balik Lebaran 2019 di Pelabuhan Bakauheni dari Pulau Sumatera dengan tujuan penyeberangan Pulau Jawa mulai membludak, Sabtu (8/6/2019).

Seperti dilaporkan Antara, terjadi penumpukan di bagian pembelian tiket penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni karena penumpang pejalan kaki terus berdatangan.

Namun, petugas memberlakukan sistem satu orang perwakilan dari masing-masing keluarga yang ingin membeli tiket sehingga tidak terjadi penumpukan yang parah.

Tempat lain di Pelabuhan Bakauheni yang juga dipadati penumpang adalah di bagian tripot, tempat jalan masuk ke dermaga I, II dan III.

Walaupun tripot di Pelabuhan Bakauheni sudah dibuka sebanyak enam unit, petugas masih tetap kewalahan menghadapi penumpang jalan kaki yang membludak.

Petugas tersebut adalah anggota Dishub, Pol PP, TNI/Polri. Mereka tampak berjaga di luar atau pun dalam terminal pelabuhan dan di bagian tiket.

Terkait dengan ini, salah satu penumpang pejalan kaki Firmansyah (30) mengatakan, sebenarnya pelayanan petugas tiket di pelabuhan sudah cukup baik. Hanya saja, kata dia, antrean panjang ini memang sudah biasa terjadi.

"Ya bila timbul antrean panjang, ini sudah biasa, inikan momen tahunan, jadi sudah biasa saja. Tadi dapat tiket kurang lebih sejam," kata dia.

Sementara penumpang lainnya, Lely (50) asal Panjang Kota Bandarlampung mengatakan hal yang sama. Ia bahkan mengaku tidak terlalu lama saat mengantre tiket.

"Cukup bagus pelayanannya, petugasnya juga ramah-ramah memberikan petunjuk harus kemana, tadi juga tidak lama kok mendapatkan tiket," kata dia.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight