Penonton Formula E akan Diminta Turun dari Tribun saat Cuaca Buruk

Reporter: Riyan Setiawan - 31 Mei 2022 12:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
FEO menyiapkan sejumlah skenario dalam menghadapi cuaca buruk saat balapan Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni mendatang.
tirto.id - Formula E Operation (FEO) menyiapkan mitigasi dalam menghadapi cuaca buruk saat balapan mobil listrik Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni mendatang.

Consultant Safety, Health and Environment (HSE) FEO, Richard Bate memastikan panitia telah menyiapkan skenario saat cuaca ekstrem melanda kawasan sirkuit Ancol.

"[Kami] akan mengarahkan dan menuntun semua orang untuk turun dari tribun jika cuaca sangat buruk, seperti ketika angin sangat kencang," kata Richard dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

Richard mengklaim panitia sangat siap menghadapi tantangan cuaca saat gelaran Formula E Jakarta 2022. “Proses ini sama seperti di acara lain, misalnya di Mandalika, ini tak ada bedanya,” kata dia.

Sementara dari sisi infrastruktur trek balapan, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sudah menyiapkan drainase atau saluran khusus untuk menyalurkan air yang berlebih dari area trek balapan. Drainase ini akan mencegah tergenangnya air di trek yang berpotensi mengganggu
balapan.

“Drainase ini dirancang baik sekali dan akan membuat air meresap cepat mengalir ke bawah,” kata Richard.

Oleh karena itu, Richard mengatakan pengunjung tak perlu khawatir terhadap cuaca ekstrem, sebab FEO sudah mengantisipasi kondisi tersebut.

“Kami sudah melalui banyak sekali balapan di berbagai negara dunia, dengan bermacam-macam musim," klaimnya.

Dalam keterangan yang sama, Event Director FEO Gemma Serra mengatakan akan tetap menyelenggarakan balapan Formula E saat hujan dengan skala ringan-sedang.

"Dari sisi pertandingan, kalau sekadar hujan biasa seperti yang terjadi belakangan ini, itu tidak masalah bagi balapan," kata Serra.

Serra berdalih trek Formula E di Jakarta didesain dengan banyak drainase. "Jika tiba-tiba cuaca menjadi esktrem seperti hujan dan angin topan disertai badai dan petir dalam jangka waktu lama, lalu marshal balapan hingga pembalap melihat genangan air begitu banyak di trek, maka balapan akan dihentikan sementara," kata dia.

Meski begitu, ia meyakini kemungkinan besar cuaca buruk tak akan terjadi mengingat hujan akhir-akhir ini cenderung tak mengancam balapan.

Jakarta E-Prix akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022, di Jakarta International Sirkuit Ancol, Jakarta Utara. Sepekan sebelum balapan, Jumat (27/5/2022), tenda tribun penonton yang terletak di sebelah utara dekat Mall ABC Ancol roboh. Bagian atapnya yang putih roboh karena tiangnya patah.

Polda Metro Jaya menyatakan atap tribun penonton Formula E ambruk karena faktor alam. Polisi tak menemukan faktor kelalaian dalam kejadian tersebut.


Baca juga artikel terkait FORMULA E 2022 JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight