Menuju konten utama

Penjualan Sepeda Motor Tumbuh 268 persen di Q2 2021

Selama kuartal II atau periode April-Juni 2021 terjual 1,15 juta unit sepeda motor. 

Penjualan Sepeda Motor Tumbuh 268 persen di Q2 2021
Sejumlah pengendara sepeda motor terjaring razia petugas di pusat Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (2/6/2020). ANTARA FOTO/Rahmad/hp.

tirto.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penjualan sepeda motor pada kuartal II 2021 tumbuh sampai 268,64 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Peningkatan penjualan pada periode April-Juni 2021 mencapai 1,15 juta unit sepeda motor, naik pesat dibanding periode sama tahun 2020 dengan 313,6 ribu unit.

“Konsumsi masyarakat dan investasi ini ditandai dengan adanya kenaikan volume penjualan sepeda motor. Kalau dibandingkan dengan Q2 2020 itu tumbuhnya 268,6 64 persen sedangkan kalau kita bandingkan dengan Q1 tahun 2021 tubuhnya 10,65 persen,” kata Kepala BPS Margo Yuwono, Kamis (5/8/2021).

Yuwono menyebut kendati angka penularan kasus COVID-19 di kuartal II 2021 lebih tinggi dibandingkan jumlah kasus di periode sama tahun lalu, kegiatan perekonomian dan aktifitas masyarakat mulai menggeliat.

““Pada Q2 2020 aktivitas masyarakat banyak di rumah sehingga ekonomi mengalami perlambatan. Tapi Q2 2021 lebih baik meski masih mengalami hambatan dalam melakukan mobilitas. Kalau kita amati jumlah kasus Q2 2020 lebih rendah dari 2021. Meskipun begitu, mobilitas masyarakat meningkat di berbagai tempat di Q 2 2021 dibandingkan Q1 2021 maupun Q2 2020,” terang dia,” terang dia.

Sebelumnya berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada periode Januari-Mei 2021 total penjualan kendaraan roda dua di pasar domestik tercatat 2.021.532 unit atau tumbuh 17,8 persen dibandingkan dengan realisasi penjualan pada periode yang sama tahun lalu, sebanyak 1.716.097 unit.

Kondisi pasar motor saat ini sudah mulai membaik jika disandingkan dengan periode awal pandemi. Pada Mei 2020, penjualan sepeda motor hanya 21 ribuan unit pada Mei 2020.

Pada periode lima bulan pertama tahun ini, sejumlah pabrikan anggota AISI berusaha menstimulasi pasar dengan memperkenalkan beberapa model motor baru, baik itu dari segmen sport, naked bike, matic, offroad hingga retro.

Produsen sepeda motor juga menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga pembiayaan demi menghadirkan program penjualan yang dapat menarik minat konsumen.

Dalam lima bulan pertama 2021, sepeda motor matic tetap menjadi kontributor penjualan utama kendati penjualannya sempat turun pada Mei 2021 karena banyaknya hari libur.

Baca juga artikel terkait SEPEDA MOTOR atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Bisnis
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali