Pengalihan Arus di Gerbang Tol Cikarang Utama Dipersiapkan

Oleh: Yantina Debora - 11 Juni 2018
Jika antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama panjang, maka pengalihan arus ke Cikarang Barat 3.
tirto.id - Sistem pengalihan arus kendaraan ke Tol Cikarang Barat mulai dipersiapkan oleh PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol Jakarta-Cikampek.

Pengalihan kendaraan akan dilakukan jika terjadi antrean kendaraan sepanjang 700-1.000 meter di Gerbang Tol Cikarang Utama 1.

"Jika antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama panjang, maka pengalihan arus ke Cikarang Barat 3 kemudian masuk kembali ke Gerbang Tol Cikarang Barat 1," kata Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Irwansyah di Cikarang, Senin (11/6/2018).

Menurut Irwansyah, pengalihan kendaraan hanya berlangsung selama 10-15 menit. Hal itu bertujuan untuk mengurai kepadatan antrean gerbang tol sehingga arus kendaraan tidak tersendat lama.

Selain pengalihan arus, PT Jasa Marga juga menyiapkan sistem contra flow atau menggunakan jalur lawan arah untuk dilalui kendaraan dari Jakarta ke arah Cikampek.

Contraflow diberlakukan jika antrean gerbang tol Cikarang Utama 1 telah lebih dari 1 kilometer.

Pengelola jalan tol Jakarta-Cikampek mengimbau masyarakat yang hendak mudik untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dan kendaraan.

"Harus dilihat rambu-rambu lalu lintas untuk taati. Lalu untuk transaksi gerbang tol, masyarakat perlu menyediakan e-toll nya dan pastikan saldonya mencukupi agar transaksi yang ada di gerbang bisa berjalan dengan baik," demikian imbauan Irwansyah.

Pada Minggu (10/6/2018) tercatat sebanyak ?88.593 kendaraan melalui gerbang masuk Cikarang Utama 1. Jumlah itu menurun dari Sabtu (9/6/2018) yaitu 109.165 kendaraan.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora