Pendaftaran dan Pelaksanaan UTBK Ditunda karena Virus Corona

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 23 Maret 2020
Sebelumnya, pendaftaran UTBK rencananya akan dilakukan pada 30 Meret 2020 dan pelaksanaan UTBK akan dilakukan mulai 20 April 2020.
tirto.id - Melalui akun resmi Instagram Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan bahwa pendaftaran dan pelaksanaan UTBK ditunda akibat semakin mewabahnya virus Corona jenis baru, COVID-19 di Indonesia, Senin (23/3/2020).

Sebelumnya, pendaftaran UTBK rencananya akan dilakukan pada 30 Meret 2020 dan pelaksanaan UTBK akan dilakukan mulai 20 April 2020.

"Memerhatikan situasi nasional berkenaan dengan mewabahnya COVID-19 maka pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Meret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai tanggal 20 April 2020 ditunda," isi surat edaran tim pelaksana LTMPT nomor 99/SE.LTMPT/2020 tentang jadwal pelaksanaan UTBK 2020.

Berdasarkan surat yang ditandatangani oleh Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih disebutkan bahwa dengan pengumunan penundaan ini maka siaran pers no 07/sipers/ltmpt/III/2020 tertanggal 9 Maret dinyatakan tidak berlaku.

Hingga saat ini berdasar surat edaran tersebut juga belum ada kepastikan kapan pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan dilakukan.

"Pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan diumumkan lebih lanjut," isi surat edaran tersebut.

Menanggapi postingan surat tersebut, beberapa warganet memberikan respons beragam, di antaranya adalah pemilik akun sobatmissqueenn mengatakan "resmi ditunda tapi enggak ada tanggal".

Selain itu ada pula pemilik akun Instagram ftlll__ yang mengatakan "antara sedih sama senang" ada juga pemilik akun lain im.febay yang mengatakan "antara khawatir dan lega".

Baca juga artikel terkait UTBK 2020 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight