Pendaftaran Calon Ketum dan Exco PSSI Dibuka 12 September

Oleh: Adrian Samudro - 13 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Pemilihan PSSI Syarif Bastaman menyatakan periode pendaftaran tersebut dibuka mulai 12 September sampai dengan 3 Oktober 2019.
tirto.id - Komite Pemilihan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuka pendaftaran untuk pemilihan Ketua Umum, Wakil, dan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Ketua Pemilihan PSSI Syarif Bastaman menyatakan periode pendaftaran tersebut dibuka mulai 12 September sampai dengan 3 Oktober 2019.

Sementara untuk pemberitahuan kekurangan dokumen pencalonan akan dilaksanakan pada tanggal 30 September hingga 6 Oktober 2019. Batas kandidat untuk melengkapi dokumen yakni dari tanggal 1 Oktober sampai 8 Oktober 2019.

"Pengumuman kandidat sementara akan kami sampaikan pada 9 Oktober-13 Oktober 2019. Kami memberikan waktu banding untuk para kandidat pada 10 Oktober sampai 16 Oktober 2019. Pengumuman hasil banding akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2019," kata Syarif.

Mengenai pemberitahuan kepada anggota atas daftar calon tetap akan diumumkan pada 23 Oktober 2019, untuk kemudian diberikan kesempatan berkampanye pada 24 Oktober-31 Oktober 2019.

Syarif menjelaskan, setiap calon harus memenuhi sejumlah persyaratan yakni bersedia menandatangani surat pernyataan untuk mengikuti prosedur integrity check sesuai status dan kode pemilihan PSSI. Selain itu, para calon juga diwajibkan mengikuti prosedur sosialisasi PSSI yang ditetapkan oleh Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Bagi para pendaftar juga harus memenuhi kriteria lainnya yakni minimal berusia 30 tahun pada tanggal 2 November 2019, yaitu kelahiran 2 November 1989 atau sebelumnya, dan memiliki pengalaman selama 5 tahun dalam mengelola sepak bola di anggota PSSI.

Para calon kandidat juga haru aktif di sepak bola Indonesia yang didukung dengan bukti surat rekomendasi dari anggota PSSI yang ditandatangani oleh pihak berwenang dan telah disepakati oleh internal anggota PSSI.

Tak hanya itu, sebagai kandidat di ranah sepak bola, pendaftar juga harus memiliki pengetahuan akan tata kelola sepak bola (footbal governance), hukum sepak bola (football laws) serta adanya pengalaman dalam posisi strategis di pemerintahan atau swasta.

Calon pendaftar juga diharapkan dapat memahami, menyetujui, memiliki kemampuan, kecakapan untuk menyukseskan dan mengembangkan program PSSI yang sejalan dengan program FIFA dan AFC.

Persyaratan lain yang perlu dilengkapi yakni pas foto berwarna background biru (4x6) 4 lembar, curriculum vitae (CV), dan foto copy identitas diri.

Syarif menambahkan, para kandidat juga perlu menyertakan SKCK, surat keterangan bersih dari tindak pidana, surat hasil pemeriksaan integritas dari Komite Disiplin PSSI dan formulir A-2.

Kongres pemilihan Ketua Umum, Wakil dan Anggota Komite Eksekutif PSSI ini akan dilakukan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada tanggal 2 November 2019 di Jakarta.


Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight