Pendaftar UTBK SBMPTN Gelombang I Tembus 698.317

Oleh: Alfian Putra Abdi - 27 Maret 2019
LTMPT mencatat sebanyak 698.317 peserta yang terdaftar dalam UTBK SBMPTN Gelombang I, yang secara resmi telah ditutup sejak Minggu (24/3/2019) kemarin.
tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mencatat sebanyak 698.317 peserta yang terdaftar dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I, yang secara resmi telah ditutup sejak Minggu (24/3/2019) kemarin.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menyatakan para peserta yang sudah terdaftar akan mengikuti tes UTBK sebanyak 10 sesi, yang akan dimulai pada 13 April hingga 4 Mei 2019. Setiap sesi dibagi dalam dua kategori waktu yakni pagi dan siang.

"Misalnya peserta itu memilih jadwal 13 April, maka tesnya pagi dan siang. Begitu juga kalau mereka memilih tes tanggal 14 April sama saja," ujarnya kepada Tirto, Rabu (27/3/2019).

Budi menambahkan masing-masing peserta hanya diperkenankan mengikuti satu kali UTBK pada setiap gelombang.

Untuk lokasinya pun, menurutnya, para peserta lebih fleksibel lagi dengan bisa menentukan sendiri. LTMPT menyediakan 73 pusat UTBK.

"Peserta juga, kan, sudah memilih lokasi UTBK di pusat UTBK. Misalnya mau ada yang di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, atau UPN "Veteran" Jakarta," tambahnya.

Pelaksanaan UTBK untuk pertama kali dilaksanakan pada tahun ajaran kali ini. Tes ini diperuntukkan bagi para peserta didik sebelum mereka akan mendaftarkan diri ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Lebih lanjut, Budi menekankan agar setiap peserta mampu mempersiapkan diri sebaik mungkin menjelang tanggal tes UTBK yang telah ditetapkan. Selain itu, peserta perlu waspada untuk tidak mempercayai pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan atau nilai tinggi dalam UTBK.

"LTMPT tidak bekerja sama dengan pihak-pihak yang menjanjikan mendapat nilai UTBK tinggi atau janji-janji lainnya," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait UTBK SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Maya Saputri
DarkLight