Pemprov DKI Terima Hibah BMN Rp217 Triliun dari Kementerian PUPR

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 7 Des 2022 13:45 WIB
Kementerian PUPR mengibahkan barang milik negara (BMN) senilai Rp217 triliun kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
tirto.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengibahkan barang milik negara (BMN) senilai Rp217 triliun kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Aset dihibahkan sebagian besar adalah dalam bentuk jalan serta infrastruktur penting lainnya.

"Sebanyak Rp233 triliun itu adalah jalan raya yang tadi dibangun dengan uang negara di dalam anggarannya PUPR. Sesudah jadi sekarang dihibahkan ke pemerintah daerah, yaitu dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI yang mendapatkan Rp217 triliun," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam Seremoni Serah Terima BMN Kementerian PUPR Tahun 2022 Tahap 2, di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Sri Mulyani menuturkan, pada 2019, hibah aset infrastruktur Kementerian PUPR ke daerah nilainya mencapai Rp18,3 triliun. Lalu pada 2020, hibah aset infrastruktur mencapai Rp14,3 triliun, serta pada 2021 hibah aset infrastruktur melonjak menjadi sebesar Rp233 triliun.


Lonjakan itu dikarenakan pada tahun lalu aset yang dihibahkan mencakup jalan raya yang dibangun Kementerian PUPR dan diberikan ke pemerintah daerah.

"Ini triliunan. Ini uang beneran, barang beneran yang diberikan kepada berbagai kementerian hingga lembaga atau yayasan," kata Sri Mulyani.

Oleh karena itu, Bendahara Negara itu berharap penerima hibah BMN dapat memelihara dan memanfaatkan aset yang diberikan secara maksimal.

Dia menekankan bahwa negara dengan peradaban yang semakin tinggi dan punya tata kelola yang bisa diandalkan dapat terlihat dari bagaimana memperlakukan barang milik negara atau asetnya.

"Dan kami di Kementerian Keuangan akan terus-menerus bekerja sama, bersama seluruh kementerian/lembaga terutama dengan PUPR yang memang memiliki tugas membangun negeri," jelasnya.



Baca juga artikel terkait BARANG MILIK NEGARA atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight