Pemprov DKI Klaim Kunjungan Anies ke Kolombia dan AS Hemat Anggaran

Oleh: Haris Prabowo - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pemprov DKI mengklaim Anies langsung berkunjung ke AS setelah melawat ke Kolombia agar biaya perjalanannya di luar negeri bisa lebih hemat dan efektif.
tirto.id - Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov DKI Jakarta Mawardi mengklaim Gubernur Anies Baswedan langsung terbang ke AS setelah berkunjung ke Kolombia agar biaya perjalanannya ke luar negeri lebih hemat.

Anies melawat ke Kolombia sejak 9 Juli lalu untuk menghadiri acara World Cities Summit. Setelah kegiatannya di Kota Medellin, Kolombia selesai, Anies tidak langsung kembali ke Jakarta.

Dia akan langsung terbang ke Washington DC, AS, untuk menjadi pembicara dalam forum pertemuan USINDO Luncheon yang akan digelar pada Senin (15/7/2019) depan.

"Kalau yang ke Medellin [Kolombia], [undangan] sudah lama itu. Kalau yang [ke] Washington-nya memang dirangkaikan kegiatan, supaya lebih efektif, sekali jalan, agar bermanfaat bagi penghematan anggaran. Jadi ada undangan, akhirnya digabungkan di situ," kata Mawardi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/7/2019) siang.


Menurut Mawardi, Anies sebelumnya sudah mendapat undangan untuk menjadi pembicara dalam forum yang digelar oleh organisasi nonapemerintah United States-Indonesia Society (USINDO).

Namun, lanjut Mawardi, undangan tersebut bisa dihadiri kapan saja. Anies berencana memenuhi undangan itu setelah kegiatannya dari Kolumbia agar agendanya di luar negeri lebih efektif.

"Kalau yang di Medellin kan memang waktunya tidak bisa diganggu gugat, karena pertemuan yang ada pemimpin-pemimpinnya mayor lah, kepala pemerintahan," ujar Mawardi.

Dia menjelaskan undangan dari USINDO bisa dipenuhi Anies kapan saja karena pertemuan itu digelar oleh komunitas.

"Jadi tidak dadakan. Tapi kan ada beberapa jeda waktu, Pak Gubernur kebetulan akan hadir ke Kolumbia dan kalau mungkin itu bisa dirangkaikan, dirangkaikan ke sana," kata dia.


Anies dijadwalkan menghadiri acara World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medellín Conventions and Exhibitions, Kolombia, hingga 12 Juli 2019. Setelah itu, ia singgah di Washington DC, AS, untuk memenuhi undangan USINDO Luncheon.

USINDO merupakan satu-satunya organisasi non-pemerintah yang secara eksklusif didedikasikan untuk meningkatkan pemahaman AS tentang Indonesia, pengertian Indonesia tentang Amerika Serikat, dan memperkuat hubungan antara kedua negara dan penduduknya.

Siaran pers Pemprov DKI, yang dirilis pada 11 Juli lalu, menyebut Anies beberapa kali menjadi pembicara di forum panel yang diselenggarakan USINDO. Salah satunya, saat masih berstatus sebagai Mahasiswa S3 di Illinois tahun 2001 silam.


Baca juga artikel terkait PEMPROV DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Addi M Idhom