Pemkot Jakpus Ingin Tutup Sementara Pasar Tradisional karena Corona

Oleh: Bayu Septianto - 10 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sembilan pedagang positif COVID-19 di Pasar Serdang Kemayoran, 2 pedagang positif COVID-19 di Pasar Rawa Kerbau Cempaka Putih & 12 orang reaktif COVID-19 di Pasar Sabeni Tanah Abang.
tirto.id - Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengatakan akan berkoordinasi dengan Perumda Pasar Jaya terkait rencana penutupan sejumlah pasar tradisional karena ditemukannya pedagang yang dinyatakan positif COVID-19. Koordinasi ini dilakukan agar pemerintah kota Jakarta Pusat bisa melakukan pembersihan di pasar-pasar tradisional di beberapa kelurahan.

"Kami akan koordinasi dengan pengelola pasar. Karena pertama, setidaknya harus ada pembersihan, lalu disemprot disinfektan. Kedua, agar [COVID-19] tidak menyebar [di pasar]," kata Bayu dikutip dari Antara, Rabu (10/6/2020).

Ia juga akan meminta kepada masyarakat, mulai dari pembeli hingga penjual untuk tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat agar pencegahan penularan COVID-19 bisa dilakukan.

Ia menyebut, beberapa pasar yang akan ditutup sementara di antaranya Pasar Sabeni, Tanah Abang karena ditemukan 12 pedagang reaktif COVID-19, usai tes cepat massal. Ada pula Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih yang ditemukan dua pedagang positif COVID-19.

Bayu pun menegaskan koordinasi dengan Pasar Jaya menjadi penting karena jika penutupan pasar dilakukan maka dapat berdampak kepada kegiatan ekonomi rakyat.

"Kami koordinasi dulu lah. Minimal hari ini kami [tutup] lakukan pembersihan, sehingga masyarakat bisa mengerti, ini untuk kepentingan bersama," kata Bayu.

Sebelumnya, Bayu Meghantara pernah menyebutkan akan menggencarkan pemeriksaan terkait COVID-19 untuk melakukan pelacakan (tracing) serta pencarian (screening) untuk mengetahui penyebaran virus corona COVID-19.

Selain pemeriksaan digencarkan di wilayah pengendalian ketat (WPK) Pemkot Jakarta Pusat juga berencana lebih gencar melakukan tes cepat di fasilitas-fasilitas umum yang dekat dengan zona WPK termasuk pasar.

Beberapa pasar yang telah mengikuti pemeriksaan tes cepat dan tes usap di antaranya Pasar Serdang Kemayoran, Pasar Rawa Kerbau Cempaka Putih Timur dan Pasar Sabeni Tanah Abang.

Hasilnya sembilan pedagang positif COVID-19 di Pasar Serdang, dua pedagang positif COVID-19 di Pasar Rawa Kerbau dan 12 orang dengan hasil reaktif usai menjalani tes cepat di Pasar Sabeni dan masih menunggu hasilnya, terinfeksi COVID-19 atau tidak.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Bayu Septianto
DarkLight