Pemerintah Perpanjang Subsidi Kedelai Impor hingga Akhir Tahun

Sumber: Antara, tirto.id - 30 Sep 2022 18:44 WIB
Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program subsidi kedelai impor sebesar Rp1.000 per kilogram (kg) hingga akhir Desember 2022.
tirto.id - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program subsidi kedelai impor sebesar Rp1.000 per kilogram (kg) hingga akhir Desember 2022 bagi perajin tempe dan tahu.

"Program bantuan selisih harga pembelian bahan baku kedelai untuk perajin tahu tempe dengan besaran Rp1.000 per kg ini nanti akan diperpanjang hingga akhir Desember ini," ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dikutip Antara, Jumat (30/9/2022).

Mendag Zulhas mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat perajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kg.

"Tadi juga sudah mendengar masukan dari perajin tahu tempe, dan akan diperjuangkan pula untuk pemberian subsidi kedelai itu tidak diangsur satu hingga dua bulan tetapi langsung per tahun," ucap dia.

Dia menjelaskan, bantuan tersebut diharapkan dapat menjaga keberlangsungan produksi tahu tempe dengan harga yang terjangkau dengan mendapatkan kedelai dengan harga terjangkau.

"Kalau perajin dapat harga yang wajar maka produksi berjalan lancar dan harga produknya pun terjangkau bagi masyarakat," tambahnya.

Ketua Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin menanggapi adanya rencana tersebut.

"Agar dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan perbaikan dalam meningkatkan efektivitas program bantuan selisih harga pembelian kedelai sehingga dapat mencapai target yang tepat sasaran," kata Aip Syarifuddin.

Menurut dia, bantuan pemerintah tersebut sangat membantu perajin tahu tempe. Serta berharap realisasi bantuan dapat segera dipercepat.

"Harapannya ini bisa dipercepat, jadi produksi tidak terganggu dan konsumsi tahu tempe terjaga," tandasnya.



Baca juga artikel terkait SUBSIDI KEDELAI IMPOR atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Ekonomi)

Sumber: Antara
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight