Pelatih Persipura: Pemindahan Kandang di Kalimantan Rugikan Tim

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pelatih Persipura mengatakan secara psikologis, pemindahan tempat bermain merugikan tim.
tirto.id - Setelah kompetisi diliburkan satu pekan, Persipura Jayapura akan melakoni laga tunda Shopee Liga 1 2019 melawan Persija Jakarta, Rabu (11/9/2019) hari ini. Sayangnya, karena Stadion Mandala sedang dipersiapkan untuk gelaran PON 2020, Mutiara Hitam bakal pindah kandang ke Stadion Aji Imbut, Kalimantan Timur.

“Secara psikologis, pemindahan tempat ini merugikan kami. Tapi kami tak bisa menolak karena Stadion Mandala tak bisa dipakai,” tutur pelatih Mutiara Hitam, Jacksen F Tiago saat konferensi pers jelang laga.

Namun walau merugi, Jacksen tidak ingin pemindahan kandang ini dijadikan dalih para pemainnya untuk tak tampil maksimal.

“Itu bukan kendala bagi Persipura untuk mengamankan tiga poin dalam laga kandang. Ini kesempatan kami untuk terus menyodok ke papan atas klasemen Liga 1,” imbuhnya.

Ini merupakan kali kedua beruntun Persipura tak bisa main kandang. Sebelumnya, dua pekan lalu mereka batal menjamu Persija di Jayapura karena situasi Papua yang masih bergejolak.

Saat ini Persipura memang masih stagnan di peringkat sembilan klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Boaz Solossa dan kawan-kawan baru mengumpulkan 20 poin, hasil lima kemenangan, lima kali ibang, dan empat kekalahan.


Kendati demikian, jika mampu mengunci tiga poin hari
ini, bisa saja Persipura mendekat ke posisi tujuh besar. Apalagi, mereka baru bermain 14 kali, tiga pertandingan lebih sedikit ketimbang rata-rata tim lain.

“Pemain Persipura profesional, mereka siap main kapan saja dan di mana saja,” tandas Jacksen.

Di sisi lain, walau masih terbenam di papan bawah klasemen sementara, Persija Jakarta bukan lawan sepele. Pelatih Macan Kemayoran, Julio Banueloz akan berupaya memaksimalkan tempat netral di laga ini sebagai sebuah keuntungan.

“Kami harus waspadai Persipura, mereka tim kompak dan sudah lama bermain bersama,” imbuh Banuelos.

Macan Kemayoran tidak akan bisa menampilkan tiga pilar penting: Andritany Ardhiyasa, Rohit Chand dan Novri Setiawan. Kendati demikian, Banuelos optimistis skuat yang ada bisa menambal lubang-lubang itu.

“Memang ada beberapa pemain kami absen, tapi kami bisa memainkan pemain baru, yakni Fachrudin, Joan Tomas, dan Xandao. 18 pemain lain yang dibawa saat ini, semua dalam kondisi siap,” tandas Banuelos.



Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight