Pelaku Vandalisme di Masjid Cilandak Alami Gangguan Jiwa

Oleh: Adi Briantika - 11 Juni 2019
Pelaku vandalisme di Masjid Al Hikmah, Cilandak mengalami gangguan kejiwaan. Polisi menyatakan pelaku saat ini masih ditahan.
tirto.id - Polisi sudah menangkap DJF (35), pelaku vandalisme di Masjid Al Hikmah, Jalan Lebak Bulus 3 Nomor 1 RT008 RW04, Cilandak, Jakarta Selatan.

DJF ditangkap ketika hendak melakukan vandalisme di Masjid Jami Nurul Falah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Sabtu (1/6/2019) lalu.

“Orang-orang yang berada di sekitar situ segera mengamankan pelaku. Lalu kami segera datang ke TKP dan kami tangkap,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Indra Jafar di Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2019).

Menurut dia, DJF ternyata mengalami gangguan kejiwaan. Indikasi DJF mengalami gangguan semula terlihat dari keterangannya ke polisi yang berubah-ubah. Kemudian, polisi membawa DJF ke Rumah Sakit Bhayangkara Polri Tingkat I, Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk memeriksa kondisi kejiwaannya.

"Setelah kami dalami dan ada hasil pemeriksaan dari dokter kejiwaan Rumah Sakit Bhayangkara, yang bersangkutan positif skizofrenia," kata Indra.

Sampai saat ini, polisi masih menahan DJF di Rumah Tahanan Polres Metro Jakarta Selatan. Polisi juga menyita helm, jaket hitam, celana pendek biru, satu buah sepeda motor Yamaha Jupiter MX dan tiga kaleng pilox milik DJF.

Sebelumnya, berdasar rekaman kamera pengawas, diketahui ada seorang pengendara sepeda motor yang mendatangi Masjid Al Hikmah pada Kamis (18/4/2019), sekitar pukul 04.32 WIB.

Tanpa melepas helm dan sepatu, pelaku yang mengenakan pakaian hitam dan celana pendek menuju salah satu sisi masjid ia. Ia kemudian kemudian menyemprotkan cat warna merah ke dinding masjid dan mencoretkan gambar berbentuk kelamin laki-laki.

Seseorang dari dalam masjid menegurnya, lalu pelaku lari menggunakan motornya. Ternyata pelaku ialah DJF.


Baca juga artikel terkait VANDALISME atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Addi M Idhom
DarkLight