PDIP Segera Umumkan Calon Gubernur yang akan Diusung

PDIP Segera Umumkan Calon Gubernur yang akan Diusung
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri menyampaikan pidato sambutannya saat menghadiri peresmian kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi NTB di Mataram, NTB, Rabu (10/5). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Reporter: Alexander Haryanto
13 Oktober, 2017 dibaca normal 1 menit
Pengumuman pasangan calon itu akan dipimpin langsung oleh Megawati.
tirto.id - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya akan segera mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Timur dan Sulawesi Selatan 2018 pada akhir pekan ini.

Hasto mengatakan bahwa acara pengumuman pasangan calon itu akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Beliau [Megawati] akan langsung mengumumkan nama-nama pasangan calon untuk Pilkada di kedua provinsi tersebut,” kata Hasto, seperti dikutip Antara, Jumat (13/10/2017) malam.

Hasto mengatakan bahwa acara itu akan digelar pada Minggu (15/10) pukul 09.30 WIB di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro 58, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut dia, pasangan calon untuk Pilkada Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dipilih diumumkan pada kesempatan pertama. Hal itu, kata dia, juga menggambarkan posisi politik PDIP yang menempatkan semua daerah sama dan setara.

"Bagi PDI Perjuangan, kepemimpinan kepala daerah dan wakil kepala daerah ditempatkan sebagai satu kesatuan kepemimpinan yang solid, teruji, dan berpengalaman, suatu kepemimpinan yang menyatukan,” kata Hasto.

PDI Perjuangan, dijelaskan Hasto, juga menekankan pentingnya kepemimpinan yang menempatkan rakyat sebagai sumber inspirasi.

Ia mengatakan, pemimpin yang hanya berorientasi pada kekuasaan dan ambisi pribadi sangat sulit mendapat tempat di PDI Perjuangan.

Hasto mengatakan, para pasangan calon yang telah diputuskan untuk dicalonkan, baik berasal dari internal Partai, unsur tokoh masyarakat, pegawai negeri sipil, maupun swasta, akan mengikuti Sekolah Para Calon Kepala Daerah.

"Diharapkan dengan ikut Sekolah Para Calon Kepala Daerah agar memahami strategi pemenangan pemilu dengan semangat gotong royong. Mereka juga harus memahami tatanan pemerintahan yang baik, yang mempromosikan pemerintahan yang efektif, anti korupsi, e-government, maupun memperkuat watak pemerintahan yang membangun peradaban dengan rakyat sebagai titik sentral orientasi kebijakan," kata Hasto.

Baca juga artikel terkait PILGUB JATIM 2018 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - ale/ale)

Keyword