Park Chan-Wook akan Sutradarai Film Decision to Leave

Oleh: Dede Mudopar - 16 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film misteri berjudul Decision to Leave bakal disutradarai oleh Park Chan-Wook.
tirto.id - Empat tahun setelah The Handmaiden (2016) dirilis, sutradara kawakan asal Korea Selatan, Park Chan-wook dikabarkan kembali ke dunia perfilman. Kali ini, dia kembali dengan menggarap film berjudul Decision to Leave.

Dilansir dari Antara yang dilaporkan Indie Wire, selama hiatusnya dalam penggarapan film, Park Chan-wook sempat terlibat sebagai sutradara dalam serial The Little Drummer Girl yang dirilis pada 2018. Serial yang dibintangi Michael Shannon, Alexander Skarsgard, dan Florence Pugh ini merupakan adaptasi dari novel 1983 John Le Carre.

Decision to Leave merupakan film misteri, kriminal, dan drama romantis yang mengikuti kisah detektif yang diperankan oleh Park Hae-il yang jatuh cinta pada seorang janda misterius yang diperankan oleh Tang Wei setelah menjadi tersangka dalam ivestagi pembunuhan yang ditanganinya.

Park Hae-il merupakan aktor yang membintangi film karya Bong Joon Ho, Memories of Murder dan The Host. Sedang Tang Wei adalah aktris kelahiran Cina yang pernah terlibat dalam film Lust, Caution arahan Ang Lee.

Selain Park Hae-il dan Tang Wei, Decision to Leave juga dibintangi oleh beberapa pemeran pendukung seperti Go Kyung-pyo, Park Yong-woo, dan Lee Jung-hyun.

Lee Jung-hyun pernah kerja sama dengan Park Chan-wook dalam film pendek horor Park Night Fishing yang dirilis pada 2011.

Dalam penulisan naskah, Park kembali bekerja sama dengan Jeong Seo-kyeong yang merupakan kolaborator dalam film terdahulunya I'm a Cyborg, but that's OK (2006) Thirst (2009), dan The Handmaiden (2016).

Di sekotor produksi, Decision to Leave akan disponsori oleh Moho Film dan CJ Entertainment sebagai pendukung keuangan utama dan distributor di pasar Korea Selatan. Sedangkan untuk distributor pasar internasional belum diketahui.

Dengan produksi Decision to Leave yang akan dimulai sebelum akhir Oktober, Park Chan-wook dapat kembali ke Cannes pada tahun 2021 dengan pemutaran perdana dunia. Seperti halnya dengan filmnya The Handmaiden yang diputar perdana dalam di Festival Film Cannes pada 4 Mei 2016.

Park Chan-wook memulai kariernya sebagai sutradara dalam film The Moon Is... The Sun's Dream. Namanya mulai dikenal publik saat dia menyutradarai film thriller Sympathy for Mr. Vengeance pada 2002. Setahun kemudian dia merilis film Oldboy. Dia juga sempat bekerja sama dengan Mia Wasikowska dan Nicole Kidman dalam film Stoker pada 2013.

Pada 2016, Park Chan-wook merilis The Handmaiden yang meraih banyak penghargaan seperti dalam Busan Film Critics Awards 2016 kategori Best New Actress untuk Kim Tae-ri. Bahkan dalam BAFTA Awards 2018, The Handmaiden menjadi film Korea Sekatan pertama yang mendapatkan penghargaan Best Film Not in the English Language.


Baca juga artikel terkait FILM KOREA atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Yantina Debora
DarkLight