Para Menteri, Akademikus dan Artis yang Jadi Caleg PDIP

Oleh: Haris Prabowo - 17 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Di antara ratusan nama bakal caleg DPR RI, yang didaftarkan oleh PDIP, terdapat sejumlah nama menteri, akademikus dan artis.
tirto.id - Rombongan para petinggi PDIP, bakal calon legislatif (caleg) dan simpatisan partai itu mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa (17/7/2018). Kedatangan mereka guna menyerahkan berkas pendaftaran caleg untuk Pemilu 2019.

Usai pendaftaran itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan partainya mendaftarkan 575 bakal caleg DPR RI dari 80 daerah pemilihan (dapil).

Sebagian dari para bakal caleg PDIP tersebut selama ini tercatat sebagai pejabat di kabinet pemerintahan Joko Widodo, akademikus dan artis.

Hasto mengaku semula ada tujuh menteri dan satu pejabat publik yang namanya sempat dipertimbangkan dalam rapat internal PDIP sebelum pendaftaran bakal caleg. Namun, tak semua nama tersebut jadi didaftarkan sebagai bakal caleg PDIP.

Hasto beralasan PDIP mempertimbangkan peran sebagian nama itu yang memiliki tugas penting di kabinet pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Beberapa nama yang akhirnya didaftarkan oleh PDIP menjadi caleg antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (Dapil Jawa Tengah), Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (Dapil Sumatera Utara) dan juru bicara Presiden, Johan Budi (Dapil Jawa Timur).

"Untuk Johan Budi, ini memang panggilan partai dan keinginan dia. Seperti sama-sama ingin menjabat tangan," kata Hasto.


Dia memastikan ketiga nama tersebut telah lolos proses pemberkasan menjadi caleg. Saat kampanye, mereka akan cuti dari jabatannya masing-masing.

Sementara sejumlah nama pejabat pemerintahan yang batal didaftarkan oleh PDIP menjadi caleg di antaranya ialah Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Hasto mengaku keputusan PDIP soal 2 nama tersebut diambil setelah ada pembicaraan dengan Presiden Jokowi.

PDIP juga mendaftarkan nama bakal caleg dari kalangan akademikus. Misalnya, dua akademikus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), yakni Hasbullah Thabrany dan Purnawan Junadi.

Selain itu, ada akademikus Universitas Airlangga Surabaya, Diah Ariani Arimbi dan Guru Besar Universitas Hasanuddin Makassar, Abdul Rozak Taha.

PDIP pun mendaftarkan sejumlah artis untuk menjadi caleg di Pemilu 2019. Para artis tersebut ialah Krisdayanti (Dapil Malang Raya), Ian Kasela (Dapil Kalimantan Selatan), Jeffry Waworuntu (Dapil Maluku), Harvey Malaiholo (Dapil Papua Barat), hingga salah satu dari trio Elfa Singer, Lalita Zein.

Selain itu, nama-nama caleg PDIP dari kalangan artis lainnya, yakni Kirana Larasati, penyanyi lawas Iis Sugianto, Angel Karamoy dan jurnalis sekaligus presenter berita, Putra Nababan.


Baca juga artikel terkait PILEG 2019 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Addi M Idhom