Papua Darurat Corona, Penerbangan di Bandara Sentani Ditutup

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 26 Maret 2020
Bandara Sentani Jayapura yang melayani penerbangan penumpang pada hari ini, Kamis (26/3/2020) resmi ditutup usai Papua dinyatakan tanggap darurat COVID-19 (corona).
tirto.id - Corporate Secretary of PT Angkasa Pura (Persero) Handy Heryudhitiawan, menjelaskan Bandara Sentani Jayapura yang melayani penerbangan penumpang pada hari ini resmi ditutup.

Hal tersebut ia katakan menyusul adanya arahan dari Gubernur Papua Lukas Enembe yang menutup akses jalur penerbangan dan pelayaran ke Bumi Cendrawasih, mulai 26 Maret hingga 9 April 2020. Langkah ini guna mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Itu udah arahan dari pemerintah daerah. Untuk penumpang sudah ditutup per hari ini. Tapi untuk logistik, masih tetap bisa masuk," kata dia kepada Tirto, Kamis (26/3/2020).

Keputusan tersbeut juga tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP.239/2014 tentang jam operasi Bandar Udara. Surat kesepakatan tersebut dibyar bersama pemerintah provinsi Papua Nomor : 440/3612/SET, tanggal 24 Maret 2020 tentang pencegahan pengendalian dan Penanggulangan Corona Virus Disase Covid-19.

Penutupan tersebut juga sudah diarahkan dari pusat melalui Surat Kepala Otoritas Bandra X Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.301/001/KOBU.WL.X/III/2020 tanggal 25 Maret 2020 tentang penutupan penerbangan di Bandar Udara Provinsi Papua.

"Terkait hal tersebut, bersama ini disampaikan bahwa Bandar Udara Sentani - Jayapura dinyatakan ditutup untuk penerbangan penumpang sejak 26 Maret 2020 pukul 00.00 waktu setempat sampai dengan tanggal 9 April 2020 pukul 23.59 waktu setempat tetapi tetap melayani penerbangan kargo, emergency, sampel darah dan aspek medis lainnya, termasuk tenaga medis dalam rangka penanganan, pengendalian dan penanggulangan Covid-19," ujar surat tersebut.

"Para pimpinan instansi pemerintah TNI Polri, Mitra Kerja, Mitra Usaha di Lingkungan Bandar Udara Sentani agar dapat menyesuaikan kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," tambahnya.

Meski ditutup, Handy mengatakan penerbangan dari Biak masih dibuka untuk penumpang. Hal tersebut sudah dikonfirmasi olehnya pada GM Bandara pagi ini.

"Meski Jayapura ditutup, Biak masih buka. Masih beroperasi secara normal," terang dia.


Baca juga artikel terkait DAMPAK PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri
DarkLight