Panduan Penggunaan Masker Medis dari WHO untuk Cegah COVID-19

Oleh: Iswara N Raditya - 13 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
WHO memberikan panduan penggunaan masker medis yang benar demi meminimalisir risiko penularan virus Corona COVID-19.
tirto.id - Memakai masker merupakan salah satu langkah utama agar tak tertular atau menulari COVID-19. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) memaparkan panduan penggunaan masker medis yang benar demi meminimalisir risiko penularan virus Corona.




WHO merekomendasikan penggunaan masker medis terutama kepada beberapa kalangan, yaitu para petugas medis termasuk pekerja di bidang klinis, orang sakit atau mereka yang bergejala/merasa Terjangkit COVID-19, orang yang merawat orang lain yang sakit di rumah, serta lansia atau orang yang memiliki penyakit bawaan.


Masker medis yang juga kerap disebut masker bedah terbuat dari minimal tiga lapis bahan sintetis tanpa tenun dan diatur agar lapisan filtrasi berada di tengah. Masker ini tersedia dalam ketebalan yang berbeda-beda, memiliki berbagai tingkat ketahanan terhadap cairan, dan dua tingkat filtrasi.

Kendati begitu, sebut WHO, memakai masker saja tidak cukup untuk memberikan perlindungan yang memadai. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan harus tetap diterapkan, terlebih dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Dikutip dari situs resmi WHO, berikut ini panduan memakai dan melepas masker medis yang benar:

Cara Memakai Masker Medis

  • Sebelum menyentuh masker, bersihkan tangan Anda menggunakan cairan antiseptik berbahan alkohol atau sabun dan air mengalir.
  • Periksa masker apakah ada yang sobek atau berlubang, jangan gunakan masker yang sebelumnya telah dipakai atau rusak.
  • Pastikan sisi mana yang bagian atas (biasanya terdapat pita logam), kemudian tentukan bagian dalam masker yang biasanya berupa sisi dengan warna putih.
  • Tempatkan masker pada wajah menutupi hidung, mulut dan dagu, serta pastikan bahwa tidak ada celah antara wajah dan masker.
  • Jepit strip logam sehingga membentuk hidung Anda.
  • Ingat, jangan menyentuh bagian depan masker saat dikenakan untuk menghindari kontaminasi. Jika tidak sengaja menyentuhnya, segera bersihkan tangan Anda.


Cara Melepas Masker Medis

  • Sebelum menyentuh masker, bersihkan tangan Anda menggunakan cairan antiseptik berbahan alkohol atau sabun dan air mengalir.
  • Lepaskan tali dari belakang kepala atau telinga tanpa menyentuh bagian depan masker.
  • Saat melepaskan masker, condongkan tubuh ke depan dan tarik masker dari wajah Anda.
  • Masker medis hanya untuk satu kali pemakaian, buang masker segera setelah dipakai, sebaiknya dibuang ke tempat sampah tertutup.
  • Bersihkan tangan Anda setelah menyentuh masker.
  • Perhatikan kondisi masker; ganti jika kotor atau lembap.


Sebagai catatan, COVID-19 merupakan jenis virus baru yang disebabkan oleh SARS-COV2 dan termasuk dalam keluarga besar coronavirus. Menurut WHO, penyakit yang kini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia ini dilaporkan pertama kali pada Desember 2019.

Meluasnya penyebaran COVID-19 dengan relatif cepat disebabkan lantaran coronavirus sangat mudah menular, terutama dari orang ke orang melalui percikan-percikan yang keluar dari hidung atau mulut saat orang yang terinfeksi virus ini batuk, bersin, bahkan berbicara.

Maka, selalu #ingatpesanibu dengan menerapkan perilaku 3M, yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

_______________________

Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight