Piala Dunia U20 2021

Pandemi Corona, Pemda DIY Usul Setop Renovasi Stadion Mandala Krida

Oleh: Hendi Abdurahman - 21 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengusulkan agar renovasi Stadion Manda Krida, Yogyakarta dihentikan di tengah pandemi virus Corona.
tirto.id - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengusulkan agar renovasi Stadion Manda Krida, Yogyakarta dihentikan di tengah pandemi virus Corona. Pertimbangannya adalah sumber dana, mengingat APBD DIY akan difokuskan untuk penanganan COVID-19. Mandala Krida sendiri terpilih sebagai salah satu venue Piala Dunia U20 2021.

Meskipun demikian, usulan Pemda DIY tersebut masih bakal dikoordinasikan dengan FIFA dan PSSI agar tercipta kesepakatan bersama.

“Teman-teman di Disdikpora [Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga] sedang konsultasi koordinasi dengan FIFA dan PSSI dengan usulan kita tidak melanjutkan pembangunan Mandala Krida,” ucap Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji dikutip Antara, Selasa (21/4).

“Yang kedua, dari sisi pekerjaan yang cukup besar, sangat mungkin nanti akan ada pengarahan tenaga-tenaga yang protokol kesehatannya sulit diatur,” tambahnya.

Kelanjutan pekerjaan fisik Manda Krida sendiri masih bakal tetap menunggu hasil konsultasi Pemda DIY dengan FIFA dan PSSI.

Usai ditunjuk sebagi tuan rumah Piala Dunia U20 2021, Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memastikan 6 stadion untuk venue pertandingan.

Selain Stadion Mandala Krida, lima stadion lainnya yaitu Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Dalam agenda awal, FIFA bakal melakukan inspeksi awal mengenai fasilitas, infrastruktur stadion, semua kelengkapan pada Maret 2020 lalu. Akan tetapi, seluruh rencana tersebut ditunda karena pandemi corona.

“Karena sudah ada kerja sama bersama maka harus kita batalkan bersama juga,” tutur Kadarmanta Baskara Aji.

Dalam aturan FIFA, tak hanya stadion utama yang akan ditinjau, melainkan juga elemen-elemen pendukung. Tiap satu stadion utama mesti didukung oleh 5 lapangan yang diperuntukkan sebagai tempat latihan.

Dengan syarat tersebut, dana menjadi faktor krusial. Pasalnya, beberapa faktor pendukung seperti ruangan yang akan digunakan untuk VAR (Video Assistant Referee), misalnya, membutuhkan biaya yang tak sedikit sedangkan anggaran pemerintah tengah fokus untuk menanggulangi pandemi.



Saat ini para pemain Timnas U19 yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U20 2021 masih menjalani latihan secara mandiri. Sebelumnya, di awal tahun 2020, Komang Teguh Trisnanda dan kawan-kawan telah melakukan pemusatan latihan di Thailand.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA U20 2021 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight