Orang Kaya Baru Tembus Satu Juta Penonton dalam 3 Pekan Penayangan

Oleh: Sirojul Khafid - 19 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Orang Kaya Baru merupakan film kolaborasi Ody C Harahap sebagai sutradara dan Joko Anwar sebagai penulis naskah.
tirto.id - Orang Kaya Baru mendapatkan lebih dari satu juta penonton dalam kurun waktu 26 hari penayangan, atau tepatnya sejak rilis pada 24 Januari lalu.

Menurut data dari Film Indonesia, jumlah tersebut merupakan perolehan penonton terbanyak urutan ketiga, untuk film Indonesia yang rilis tahun 2019.

Di urutan pertama ada Keluarga Cemara dengan jumlah 1.701.498 penonton, disusul Preman Pensiun dengan jumlah 1.144.988 penonton.

Orang Kaya Baru merupakan film kolaborasi Ody C Harahap sebagai sutradara dan Joko Anwar sebagai penulis naskah.

Cerita bermula dari sebuah keluarga yang terdiri Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini) serta tiga anaknya Duta (Derby Romero), Tika (Raline Shah) dan Dodi (Fatih Unru). Hidup keluarga ini tergolong apa adanya bahkan cenderung susah di banding keluarga lain di lingkungannya.

Hal itu terlihat dari rutinitas seperti mengantar sekolah dengan motor tua atau naik metro mini, datang ke nikahan orang yang tidak dikenal hanya untuk makan, serta rutinitas lain seperti antre mandi karena keterbatasan kamar mandi di rumah.

Ada kurangnya tentu ada juga lebihnya, keluarga ini lebih dalam hal kehangatan, kedekatan, cinta dan kasih sayang. Makan senantiasa bersama walaupun dengan menu sederhana.

“Duit kalau sedikit cukup, kalau banyak enggak cukup,” kata Bapak memberi nasihat kepada anak-anaknya di sela makan bersama.

Hingga suatu hari, si Bapak meninggal. Tentu seisi keluarga sedih. Sampai tibalah dua orang asing berpakaian rapi membawa laptop berisi pesan ayahnya. Di dalam sebuah video, si Bapak menceritakan dia punya harapan agar anak-anaknya mandiri dan belajar hidup susah.

Itulah hal yang membuat si Bapak pura-pura miskin selama ini, padahal sebenarnya kaya raya. Sejak saat itu, harta si Bapak diserahkan kepada keluarga untuk dinikmati. Perubahan besar pun terjadi, dari orang yang hidup pas-pasan, jadi seorang milioner.

Sutradara Ody C Harahap menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh penonton film Indonesia.

"Alhamdulillah, film Orang Kaya Baru bisa dinikmati banyak penonton," kata pria yang akrab disapa Ochay itu, sebagaimana dikutip Antara.

Film "Orang Kaya Baru" adalah karya pertama yang dirilis oleh Screenplay Films di bioskop pada tahun ini.

Menurut Ochay, apresiasi yang diberikan dari penonton tidak terlepas dari sajian jalan cerita film yang dekat dan sangat mewakili hati masyarakat.

"Film Orang Kaya Baru dikemas dengan jalan cerita ringan, dibalut dengan komedi dan drama yang dapat dinikmati. Relasi dengan penonton secara imajinasi dan realita related dengan masyarakat yang menonton," kata Ochay.

Ochay mengatakan torehan prestasi ini membuktikan film Indonesia sudah mendapat tempat lebih luas di hati masyarakat Tanah Air. Dia berharap film nasional bakal menjadi primadona di negeri sendiri.

Tonton trailer Orang Kaya Baru melalui video yang disematkan di bawah ini.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight