Opera GX, Browser Khusus Gamer Meluncur Akhir 2019

Oleh: Ibnu Azis - 12 Juni 2019
Dengan Opera GX, gamer dapat menjalankan browser dan game pada saat bersamaan tanpa khawatir memori PC terkuras.
tirto.id - Opera membuka early access Opera GX, Rabu (12/6/2019), produk peramban baru mereka khusus untuk para gamer, yang rencananya meluncur pada akhir 2019.

Browser yang berjalan di sistem operasi Windows itu dihadirkan untuk mendukung aktivitas gaming lebih dari 1 miliar gamer PC saat ini.

Laporan Neowin menyebut, Opera GX menawarkan fitur dan opsi agar game di PC dapat berjalan lebih mulus.

Pasalnya, gamer biasanya harus menutup peramban lantaran software ini mengonsumsi banyak memori. Dengan Opera GX, gamer dapat menjalankan game dan browser pada saat bersamaan.

"Opera GX dibangun untuk gamer yang menghabiskan banyak waktu mereka untuk mengatur perangkatnya," kata Krystian Kolondra, EVP di Opera dalam pernyataan resminya, Rabu.


Fitur yang tersedia di Opera GX memungkinkan penggunanya untuk menentukan seberapa banyak konsumsi CPU atau RAM yang ingin digunakan.

Opera GX juga memiliki fitur yang terintegrasi dengan layanan terkait, seperti situs web streaming favorit para streamer gamer, Twitch, termasuk ruang percakapan Discord, forum Reddit, dan layanan berbagi video YouTube.

Peramban ini juga di-built-in dengan layanan VPN tanpa login, fitur pemblokir iklan, termasuk video pop-out yang dapat dimanfaatkan untuk menonton tutorial game saat sedang bermain.

Bagi gamer yang berminat untuk akses awal Opera GX, dapat mengunduhnya pada tautan ini. Opera juga meminta masukan dari penggunanya melalui Opera GX Forum sebagai penyempurnaan browser ini sebelum dirilis final pada akhir tahun mendatang.


Baca juga artikel terkait BROWSER GAMING atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH