One Way Arus Balik Lebaran Diperpanjang Sampai 25 April 2023

Reporter: Fatimatuz Zahra, tirto.id - 25 Apr 2023 09:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Selasa, 25 April 2023 pukul 24.00 WIB.
tirto.id - Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi menyebut pihaknya akan memperpanjang pemberlakuan one way arus balik hingga Selasa, 25 April 2023.

"Rekayasa lalu lintas one way di hari pertama arus balik yang dijadwalkan selesai pada pukul 24.00 WIB 24 April 2023 masih akan terus dilanjutkan. Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Selasa, 25 April 2023 pukul 24.00 WIB," kata Eddy dalam keterangan tertulisnya, 25 April 2025

Namun demikian, Eddy menyebut apabila pada periode tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan ke arah Jakarta, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas oneway.

Eddy menuturkan bahwa saat ini rekayasa lalu lintas one way sudah dilaksanakan dari Km 414 (GT Kalikangkung) sampai dengan Km 72 (Cikampek) dilanjutkan dengan rekayasa contra flow 2 lajur dari Km 72 (Cikampek) sampai dengan Km 47 Ruas Japek.

Lebih lanjut, Eddy juga melaporkan kondisi sumber arus bangkitan dari arah sebagai berikut :

Hingga Senin, 24 April 2024 Gerbang Tol Banyumanik, rerata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 3.455 kendaraan/ jam, masuk kedalam parameter rekayasa lalin 3.000 kendaraan/ jam.

Sementara di Gerbang Tol Kalikangkung, rerata volume lalu lintas selama tiga jam berturut- turut mencapai 2.440 kendaraan/ jam, parameter rekayasa lalu lintas sebesar 3.220 kendaraan/ jam.

Eddy juga melaporkan, berdasarkan pemantauan melalui CCTV dan pantauan anggota di lapangan masih terdapat peningkatan arus lalin yang cukup merata dari arah Semarang dan Solo menuju ke arah Jakarta

Sementara itu, kondisi sumber arus bangkitan dari arah Selatan (Bandung) menuju Jakarta juga terpantau padat.

"Berdasarkan pemantauan melalui CCTV dan pantauan anggota di lapangan masih terdapat peningkatan arus lalin yang signifikan dari arah Bandung dan Cileunyi," kata Eddy.

Deddy menyebut data volume lalu lintas di atas belum termasuk apabila terjadi hambatan samping yang menyebabkan kepadatan lalu lintas.





Baca juga artikel terkait REKAYA LALU LINTAS ONE WAY atau tulisan menarik lainnya Fatimatuz Zahra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Fatimatuz Zahra
Penulis: Fatimatuz Zahra
Editor: Reja Hidayat

DarkLight