NTB Raih Medali Emas PON di Cabang Voli Pasir

Oleh: Abdul Aziz - 21 September 2016
Dibaca Normal 1 menit
Tim NTB 1 memastikan medali emas setelah mengalahkan tim Jatim di babak final dengan skor akhir 2-0 di cabang voli pasir, pada Selasa (20/9/2016). Sementara DKI Jakarta menambah perolehan medali emasnya lewat cabang olahraga selam laut.
tirto.id - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya mendapat medali emas dari cabang olahraga voli pasir di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016. Perolehan medali emas tersebut berkat penampilan cemerlang dari tim voli pasir NTB 1.

Tim NTB 1 memastikan medali emas setelah mengalahkan tim Jatim di babak final dengan skor akhir 2-0, pada Selasa (20/9/2016).

Pertandingan yang sempat berjalan alot akhirnya mengukuhkan pasangan putri NTB 1 Dhita Juliana dan Putu Dini Jasita Utami meraih medali emas setelah menghempaskan pasangan Jatim 1 Nanda Ragilia dan Rizki Dwi Andriani dengan skore 2-0. Sedangkan medali perunggu dibawa pulang pasangan Marta Cisilia Rahawarin dan Olifia Hertivin Ibo tim Papua 1 yang sebelumnya mengalahkan tim NTB 2 dengan skor 2-0.

Sementara final hari terakhir cabang voli pasir putra pasangan DIY Ade Chandra Rahmawan dan Gilang Ramadhan membawa pulang medali emas setelah mempecundangi pasangan Jatim 2 Moh Asyifa dan Rendy Verdian dengan skore 2-0 yang pasrah dengan medali perak.

Sedangkan pasangan Jatim 1 Fahriansyah dan Muhamad Bastommi hanya membawa pulang perunggu setelah mengalahkan pasangan NTB 1 Danangsyah Yudistira Pribadi dan Tio Kesuma Santosa dengan skor 2-1.

Jakarta Tambah Medali Emas

Sementara di cabang olahraga selam laut, kontingen DKI Jakarta juga sukses menambah satu emas di nomor fins swimming 10.000 meter putri selam laut yang digelar di Indramayu, Jawa Barat, pada ajang PON XIX ini.

Data dari Media Center Indramayu, Rabu, atlet dari DKI Jakarta atas nama Annisa Fabiola meraih emas pada nomor 10.000 meter fins swimming dengan torehan waktu 02 jam 13 menit 18,58 detik. Catatan waktu itu lebih cepat tiga menit dari peraih perak yang diperoleh oleh atlet dari Jawa Timur.

Sementara itu untuk peraih perak atlet Jatim mencatatkan waktu 02 jam 17 menit 43,45 detik atas nama Priscillia Gunawan.

Dan perunggu pada perlombaan tersebut juga diraih oleh atlet asal Jatim yaitu Syarifa Hikmah dengan waktu 02 jam 23 menit 17,54 detik. Ini merupakan nomor pertama yang diperlombakan di pantai Tirtamaya Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada PON XIX 2016 ini Jawa Barat menjadi provinsi terbanyak yang mengumpulkan medali. Sementara DKI Jakarta berada di urutan kedua, disusul Jawa Timur di nomor urut ketiga.

Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan medali sementara masing-masing kontingen di ajang PON tersebut. Hingga pukul 22.00 WIB, Selasa (20/9/2016) atau hari keempat sejak dibuka pada Sabtu, Jawa Barat sudah meraup 78 emas, 40 perak dan 50 perunggu, jauh meninggalkan juara bertahan DKI Jakarta yang baru memperoleh emas 37, perak 41, dan perunggu 46.

Sedangkan Jawa Timur membuntuti di peringkat ketiga dan hanya terpaut dua medali emas dengan DKI Jakarta, yaitu 35 emas, 43 perak, serta 34 perunggu.

Baca juga artikel terkait PON 2016 atau tulisan menarik lainnya Abdul Aziz
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Abdul Aziz
Penulis: Abdul Aziz
Editor: Abdul Aziz