Nonton Reply 1988 Sub Indo, Cara Download dan Streaming di VIU

Oleh: Maria Ulfa - 23 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Reply 1988 secara umum bercerita tentang kehidupan lima keluarga yang tinggal di Distrik Dobong, Seoul.
tirto.id - Penggemar dibuat terkejut dengan persahabatan dari cast drama Korea (drakor) Reply 1988 yang masih awet hingga sekarang.

Pada Senin (22/6/2020) kemarin, para pemeran drakor Reply 1988, seperti Park Bo Gum, Go Kyung Pyo, Hyeri Girl’s Day, Lee Dong Hwi, dan Ryu Hye Young, diketahui bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

Hal itu diketahui dari foto yang diunggah oleh Lee Dong Hwi dan Go Kyung Pyo di akun Instagram pribadi mereka. Mereka tampak kompak mengenakan pakaian garis-garis dan tersenyum ke arah kamera.

Hal itu tentu membuat penggemar bernostalgia dengan drama Reply 1988 yang mereka bintangi pada 2015 lalu. Meski drama tersebut telah berakhir, penggemar masih bisa menyaksikannya lagi melalui platform video streaming VIU.

Sementara itu, untuk menonton dan streaming drakor Reply 1988 di VIU, kita hanya perlu menginstal aplikasi VIU. Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa membuka situs web VIU di browser PC.

VIU sendiri menyediakan layanan paket Dasar dan paket Premium. Pada paket Dasar, pengguna bisa menikmati dan mengunduh semua video yang telah disediakan secara gratis (hampir 70 persen video disediakan secara gratis), dan pengguna tidak perlu mendaftar dan berlangganan.

Sementara, pada paket Premium, pengguna bisa mengakses semua konten yang ada dalam aplikasi VIU, tetapi diharuskan untuk melakukan registrasi dan juga berlangganan.

Paket VIU Premium sendiri bisa dibeli dengan menggunakan metode pembayaran via GoPay, OVO, dan potong pulsa.


Berikut cara untuk membeli paket VIU premium menggunakan GoPay:

Pengguna Android:

  1. Buka aplikasi VIU.
  2. Klik profil dan pilih 'Ubah jadi Premium'.
  3. Pilih paket VIU Premium yang diinginkan.
  4. Di halaman cara pembayaran, pilih 'GoPay'.
  5. Kemudian pilih 'lanjut'.
  6. Pilih 'Lanjut ke aplikasi GO-JEK'.
  7. Pilih 'BAYAR'.

Pengguna iOS dan browser:

  1. Kunjungi situs web VIU dan pilih log in, kalau belum punya akun, jangan lupa daftar dulu.
  2. Klik profil dan pilih 'Paket Saya' atau ‘Ubah jadi Premium'.
  3. Pilih dan klik paket VIU Premium yang anda inginkan dan pilih 'GoPay' untuk metode pembayaran.
  4. Pindai kode QR menggunakan aplikasi GO-JEK (buka aplikasi GO-JEK), kemudian pilih 'Bayar'.

Pembayaran via aplikasi OVO:

  1. Kunjungi situs web VIU dan pilih log in.
  2. Klik profil dan pilih ‘Ubah jadi Premium'.
  3. Pilih dan klik paket VIU Premium yang anda inginkan dan pilih ‘OVO’ untuk metode pembayaran.
  4. Masukkan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar akun OVO.
  5. Klik ‘Ingatkan Saya’.
  6. Klik ‘Lanjut’.
  7. Saldo OVO akan dipotong secara otomatis.

Pembayaran via potong pulsa:

  1. Kunjungi situs web VIU dan pilih log in.
  2. Klik profil dan pilih ‘Ubah jadi Premium'.
  3. Pilih dan klik paket VIU Premium yang anda inginkan dan pilih 'Pulsa' untuk metode pembayaran.
  4. Masukkan nomor telepon yang aktif.
  5. Klik ‘Ingatkan Saya’.
  6. Klik ‘Lanjut’.
  7. Pulsa akan dipotong secara otomatis atau ditambahkan dalam tagihan pascabayar untuk nomor ponsel yang telah kamu masukkan.

Selain itu, pengguna VIU juga bisa membeli paket berlangganan VIU premium dan kode promo di sejumlah aplikasi e-commerce seperti Tokopedia dan GO-JEK.

Keuntungan berlangganan VIU, pengguna bisa mengakses semua video premium dan melakukan streaming tanpa jeda iklan. Pengguna yang telah berlangganan bisa menikmati kode promo yang disediakan VIU.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan satu akun VIU untuk diakses di lima perangkat berbeda pada saat yang bersamaan.

VIU juga menyediakan drama Korea Reply 1988 dengan terjemahan bahasa Indonesia. Selain itu, video yang disediakan oleh VIU bisa ditonton secara online atau diunduh terlebih dahulu dan kemudian ditonton secara offline dan itu legal dilakukan.

Cara menguduhnya cukup mudah, pengguna hanya perlu mencari ikon download atau unduh dalam setiap episode drama Reply 1988 dan meng-klik ikon tersebut.

Setelah proses download selesai, maka otomatis episode drama akan tersimpan dan setelah itu dapat ditonton secara offline.


Sinopsis Reply 1988

Drama yang rilis pada tahun 2015 dan berhasil meraih rating sebanyak 18,8 persen ini secara umum bercerita tentang kehidupan lima keluarga yang tinggal di Distrik Dobong, Seoul.

Mengambil latar waktu di era tahun 80-an, drama ini sangat kental dengan nuansa nostalgia. Mulai dari gaya berpakaian, musik, dan film yang diputar, hingga alat komunikasi yang digunakan.

Reply 1988 juga semakin menarik karena dibumbui kisah persahabatan dan percintaan antara 4 laki-laki dan 1 perempuan.

Mereka adalah Choi Taek (Park Bo Gum), Kim Jung Hwan (Ryu Jun-Yeol), Sung Sun Wo (Go Kyung Pyo), Dong Ryong (Lee Dong Hwi), dan terakhir seorang tokoh perempuan bernama Duk Seon (Hyeri Girl’s Day).

Selain menyuguhkan suasana nostalgia dan kisah persahabatan, drama ini juga dipenuhi dengan kisah kehangatan keluarga yang sederhana, serta keakraban dalam hidup bertetangga.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Ibnu Azis
DarkLight