Nokia 9 PureView, Ponsel Enam Kamera Belakang Dirilis di MWC 2019

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 25 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Nokia 9 PureView cukup memikat sebagai smartphone kamera yang mengunggulkan sektor fotografi sebagai daya tarik.
tirto.id - Nokia 9 PureView baru saja debut global dalam panggung Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol, yang mengusung total enam kamera belakang.

Fotografi memang jadi sisi yang ditonjolkan smartphone produksi HMD Global ini. Enam kamera belakang Nokia 9 PureView masing-masing memiliki konfigurasi 12MP sebanyak lima buah, sisanya sebagai sebagai lensa 3D ToF.

Adapun lima kamera utamanya memiliki resolusi 12MP yang terdiri dari dua kamera RGB dan tiga kamera monokrom.

Masing-masing kamera itu mengandalkan sensor 1/2.9 inci 1.25um piksel yang ditandemkan lensa ZEISS aperture f/1.8 didukung fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan dual-tone LED flash.

Melansir GSM Arena, Senin (25/2/2019), kelima kamera tersebut dapat bekerja secara simultan dan menggabungkan lima foto hasil bidikanya menjadi sebuah foto berkualitas tinggi dengan detail dan HDR mumpuni.

Kendati tersemat lima lensa, di bodi belakang Nokia 9 PureView tampak memiliki 7 kamera. Dua di antaranya, masing-masing LED flash, sisanya sebagai ToF dan depth sensor.


Sementara untuk memuaskan hasrat selfie pengguna, Nokia 9 PureView dibekali kamera depan 20MP yang juga didukung software AI kaya fitur.

Nokia 9 PureView tampil dengan desain tanpa poni, tetapi bezel yang diusungnya tak terlalu tipis. Casing belakangnya terbuat dari bahan kaca glossy dan tersemat rangkaian kamera membentuk lingkaran unik.

Ponsel ini megandalkan layar 5,99 inci resolusi Quad HD+ tipe P-OLED yang dilindungi oleh lapisan anti-gores Corning Gorilla Glass 5. Sebagai smartphone Android One, Nokia 9 PureView menjalankan OS Android 9 Pie dengan garansi update hingga dua tahun.

Soal performa, Nokia 9 PureView memang tidak sekencang flagship masa kini yang bertenaga Snapdragon 855, melainkan menggunakan chipset kelas atas tahun lalu, seri 845.

Chipset itu berkonsep octa-core dengan dua cluster, masing-masing quad-core 2,8GHz dan quad-core 1,7GHz. Dapur pacu ini dipadukan RAM 6GB, sedangan penyimpanan internalnya 128GB tapi tanda dukungan slot memori eksternal.

Guna mendukung aktivitas pengguna, Nokia 9 PureView disokong baterai 3.320mAh dengan fitur fast charging Qualcomm Quick Charge 3.0 dan Power Delivery. Ponsel ini juga memiliki kemampuan tahan air dengan sertifikat IP67.

Belum ada informasi mengenai kapan Nokia 9 PureView ini akan dipasarkan. Mengutip CNET, harga ponsel enam kamera ini mulai 699 dolar AS atau sekitar Rp 9,7 juta (Rp14.014)

Adapun MWC 2019, merupakan pameran industri ponsel terbesar di dunia yang tahun ini digelar pada 25-28 Februari di Barcelona, Spanyol.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight