Nikon Indonesia Tutup, Bagaimana Soal After Sales Service?

Oleh: Ibnu Azis - 22 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pengguna kamera Nikon di Indonesia bisa mengunjungi service centre yang ditunjuk jika menjumpai kendala pada perangkatnya atau sekadar konsultasi.
tirto.id - PT. Nikon Indonesia resmi menutup layanannya di tanah air mulai 22 Oktober 2020 setelah delapan tahun beroperasi.

Penutupan operasional Nikon di Indonesia mengundang beragam reaksi dari pengguna perangkat kamera Nikon.

Tedy (30 tahun), salah satu konten kreator di DIY yang berdomisili di Sleman, mempertanyakan soal after sales service.

Tedy sudah menggunakan kamera Nikon sebelum kabar penutupan tersebut. Selama ini dia dibantu toko untuk layanan perangkat setelah penjualan.

"Kalau kenapa-kenapa [rusak], toko [tempat beli kamera] akan membantu. Kamera akan dikirim ke Nikon pusat [Jakarta]," kata Tedy di Sleman kepada Tirto, Kamis (22/10/2020).

Setelah Nikon mengumumkan resmi menutup layanannya, Tedy pun mempertanyakan bagaimana nasib kameranya lantaran masih dalam cakupan garansi.

"Tadi sempat dengar kabar itu, tapi nanti kembali lagi ke pihak toko biasanya, biar mereka yang mengurusnya, sayang juga sih garansinya," paparnya.


PT. Alta Nikindo

Nikon Indonesia melalui pengumuman di media sosial Instagram sempat menyinggung soal after sales service mereka ke depannya.

Pengguna perangkat Nikon di Indonesia tak perlu risau lantaran Nikon akan tetap memberikan layanan dan support terbaik kepada mereka.

"Kami akan tetap memberikan layanan dan support terbaik kepada para pengguna Nikon di Indonesia dengan mengintegrasikan seluruh kegiatan sales, marketing, dan service ke PT. Alta Nikindo selaku distributor resmi Nikon di Indonesia," tulis Nikon Indonesia melalui caption di unggahan Instagram, Kamis (22/10/2020).

Dengan kata lain, pengguna kamera Nikon di Indonesia bisa mengunjungi service centre yang ditunjuk jika menjumpai kendala pada perangkatnya atau sekadar konsultasi.

Di laman resmi Nikon Indonesia disebutkan bahwa PT. Alta Nikindo berlokasi di Kompleks Mangga Dua Square Blok H1 & 2 Jl. Gunung Sahari Raya Jakarta Utara 14430.

Nikon Service Centre tersebut bisa dihubungi di nomor (021) 62312600 dan buka dari hari Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB serta hari Sabtu pukul 09.00-13.00 WIB.

Penutupan Nikon Indonesia juga menuai respons dari kalangan fotografer salah satunya Rio Motret. Melalui media sosial Instagram dia mengungkapkan kesedihannya.

Rio yang tergabung dalam Nikon Indonesia selama empat tahun mengatakan banyak kenangan manis yang ia dapat bersama Nikon.

"Sejak 4 tahun lalu bergabung dengan Nikon Indonesia aku seperti mendapat keluarga baru, banyak kenangan manis," tulisnya.

Hingga artikel ini ditayangkan, Nikon belum menjelaskan alasan penutupan operasional di Indonesia.


Baca juga artikel terkait NIKON atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight