Netizen Menggelorakan #PemiluDamai di Twitter Pada Hari Pencoblosan

Oleh: Ahmad Zaenudin - 17 April 2019
Tagar #PemiluDamai menjadi trending topic di Twitter pada hari pencoblosan.
tirto.id - Tagar #PemiluDamai menjadi trending topic nomor satu di jagat Twitter Indonesia pada hari pencoblosan, Rabu (17/4/2019). Tagar tersebut dikicaukan sekitar 50 ribu pengguna Twitter.

Memanfaatkan Socialert, perangkat analisis media sosial, dari sekitar 500 kicauan bertagar #PemiluDamai saja, kampanye tersebut bisa menjangkau tujuh juta pengguna, dengan impresi mencapai 12 juta.

Pengguna Twitter bernama-pengguna (username) @adbulhadiawang menjadi salah satu penggerak tagar tersebut.

Pada pukul 9.21 lalu, ia mencuitkan “Selamat mengundi kepada warga Indonesia. Pilihlah pemimpin yang adil dan mampu membawa kesejahteraan kepada Indonesia dan kestabilan di rumpun Nusantara dengan kepimpinan Islam.”

Selain tagar #PemiluDamai, 10 besar tagar paling populer di Indonesia terkait Pemilu 2019 di antaranya ialah #AntiBolosNyoblosClub, #Pemilu2019, dan #IndonesiaMemilih.

Beberapa tagar terkait dukungan pada dua calon presiden dan wakil presiden, seperti #memutuskanpilih01 untuk pendukung Jokowi-Ma'ruf dan #TheVictoryOfPrabowo.

Ismail Fahmi, pendiri Drone Emprit, perangkat analisis media sosial, menegaskan bahwa buzzer maupun bot kedua kubu terus bekerja.

“(Buzzer dan bot terus bekerja karena) ada tagar yang harus diangkat,”
urai Ismail pada Tirto.

Dalam pemaparan Ismail, kubu Jokowi-Ma'ruf meramaikan media sosial dengan tagar #01TheCampion, #PilihOrangBaik, #PilihYgJelasIslamnya, dan #PilihYgBajuPutih.

Sementara itu, kubu Prabowo-Sandiaga menggunakan tagar-tagar seperti #BismillahInsyaAllahPrabowo, #GerakanSubuhAkbarIndonesia, #BesokTusukPrabowoSandi, dan #JokowerFitnahKejiUAS.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Ahmad Zaenudin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Nur Hidayah Perwitasari
Penulis: Ahmad Zaenudin