Netflix Dikabarkan akan Merambah ke Video Game

Oleh: Erika Erilia - 16 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Netflix disebut akan merambah ke sektor game dengan merekrut Mike Verdu mantan eksekutif Electronics Arts (EA).
tirto.id - Netflix yang dikenal sebagai platform streaming film mulai melebarkan sayap ke sektor game. Belum lama ini Netflix dikabarkan telah merekrut Mike Verdu yang merupakan mantan eksekutif Facebook dan Electronics Arts (EA).

Seperti diberitakan Bloomberg, Mike Verdu akan bergabung dengan Netflix dan menjabat sebagai wakil presiden pengembangan game. Nantinya ia bertugas melapor langsung ke Chief Operating Officer (COO) Greg Peters.

Belum ada informasi resmi dari Netflix mengenai rencana penambahan fitur game ke platform mereka. Namun sebuah sumber menyebutkan bahwa Netflix kemungkinan akan menghadirkan video game pada tahun depan.

Sedangkan dalam beberapa bulan ke depan, Netflix akan membentuk sebuah tim khusus untuk mewujudkan hal tersebut. Netflix juga mulai membuka lowongan terkait beberapa posisi yang berhubungan dengan sektor game melalui website resminya.

Netflix sendiri dikabarkan belum memiliki strategi khusus dalam hal pengembangan game yang akan mereka hadirkan. Untuk saat ini Netflix juga belum berencana membebankan biaya tambahan untuk konten game-nya.

Selama ini Netflix memang dikenal merajai bisnis streaming film dan terus berkembang menciptakan sejumlah fitur/layanan bagi para pelanggan. Namun menurut situs Digitaltrends, pertambahan jumlah pelanggan Netflix mulai melambat berdasarkan laporan pada bulan April lalu.

Dalam kuartal sebelumnya, jumlah pelanggan hanya bertambah 4 juta secara global. Pihak Netflix menilai bahwa hal ini disebabkan oleh faktor pandemi yang juga berpengaruh pada proses produksi film.

Di sisi lain, persaingan bisnis streaming film justru semakin ketat dengan munculnya beberapa platform baru. Ekspansi ke ranah video game adalah sebuah langkah yang dilakukan Netflix untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda dari para pesaingnya tersebut.

Merekrut Mike Verdu dinilai menjadi langkah awal yang tepat karena Verdu sendiri bukanlah orang baru dalam dunia game. Saat masih di Facebook, Mike Verdu bertugas mengurusi game lewat kerja sama dengan beberapa developer.

Verdu juga pernah bekerja di Electronics Arts (EA) dan terlibat dalam pengembangan game populer seperti the Sims dan Plants vs. Zombies. Selain di EA, Verdu diketahui pernah bekerja di beberapa perusahaan game lain seperti Zynga dan Atari.

Netflix sendiri sudah memulai langkah kecilnya di bidang game dengan melisensikan hak atas permainan yang dibuat berdasarkan film/serial yang mereka produksi. Sebelumnya, Netflix diketahui telah merilis game yang diadaptasi dari serial Stranger Things dan The Dark Crystal: Age of Resistance.


Baca juga artikel terkait NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight