STOP PRESS! Polda Metro Jaya Tangkap Pemilik Situsweb Nikahsirri.com

Nasdem Optimistis PPP Dukung Ridwan Kamil Maju Pilkada 2018

Nasdem Optimistis PPP Dukung Ridwan Kamil Maju Pilkada 2018
Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Tirto.id/Andrey Gromico.
14 September, 2017 dibaca normal 1 menit
Sampai saat ini, Partai Nasdem optimistis PPP tetap mendukung Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jawa Barat 2018.
tirto.id -
Partai Nasdem terus bermanuver guna meloloskan Walikota Bandung Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jawa Barat. Sampai saat ini, mereka optimis PPP tetap mendukung Ridwan Kamil untuk Pilkada Jabar 2018. Malah, Partai Nasdem sudah melakukan penjaringan dan mengantongi nama calon wakil. 
Ketua Bappilu DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Effendy Choirie mengatakan, Partai Nasdem optimistis Walikota Bandung Ridwan Kamil bisa maju dalam bursa Pilkada Jawa Barat (Jabar). Setelah sukses merayu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung Ridwan Kamil, Choirie mengaku ada partai lain akan mendukung pria yang karib disapa Kang Emil itu. 
"Mungkin juga dengan PPP," ujar Choirie saat berbincang dengan Tirto di Kantor DPP Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta, Rabu (13/9/2017).
Apabila PPP bergabung, syarat pencalonan Ridwan Kamil dapat terpenuhi. Saat ini, Kang Emil sudah mengantongi 12 kursi, yakni 5 kursi dari Partai Nasdem dan 7 kursi dari PKB. PPP mempunyai 9 kursi legislatif Jawa Barat. Jika diakumulasikan, Emil bisa maju lewat jalur partai politik.

Namun, sampai saat ini PPP belum menentukan sikap lantaran ada sejumlah pihak ingin PPP membentuk poros baru dalam Pilkada Jabar dengan Partai Demokrat. 
Selain melobi partai lain untuk mendukung Emil, Partai Nasdem sudah berkomunikasi dengan PKB setelah partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu merapat ke gerbong Ridwan Kamil. Mereka sudah melakukan konsolidasi dan membentuk tim pemenangan bersama. Saat ini, komunikasi intens telah dilakukan dengan membentuk tim pemenangan Ridwan Kamil. 
Saat disinggung mengenai nama pendamping Ridwan Kamil, Choirie enggan menyebut lebih lanjut. Ia mengaku, tim pemenangan sudah mengantongi sejumlah kandidat untuk mendampingi Ridwan Kamil. Saat dikonfirmasi nama pendamping Ridwan Kamil, Choirie mengaku akan mengumumkan pada waktu yang tepat. 
"Nama sedang diproses. Saya sudah tahu namanya, tapi nggak boleh dikeluarkan dulu," kata Choirie.
Seperti diketahui, saat ini, sejumlah nama sudah muncul ke permukaan sebagai calon gubernur yakni Walikota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Deddy Mulyadi, serta Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. 
Namun, sampai saat ini baru Deddy Mizwar yang dideklarasikan untuk menjadi cagub-cawagub di Jawa Barat. Deddy Mizwar maju bersama partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera sementara itu Ridwan Kamil baru mendapatkan dukungan dari Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa. Sisi lain Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dikabarkan akan didukung oleh pasangan Partai Golkar dan PDIP.


Baca juga artikel terkait PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - thr/may)

Keyword