MotoGP: Pramac Racing dan Red Bull KTM Ingin Rekrut Jorge Martin

Oleh: Permadi Suntama - 24 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jorge Martin diproyeksikan untuk bergabung dengan salah satu tim MotoGP pada musim 2021.
tirto.id - Pembalap Moto2, Jorge Martin jadi incaran dua tim peserta MotoGP, Pramac Racing Ducati dan Red Bull KTM. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu diproyeksikan untuk bergabung dengan salah satu tim MotoGP pada musim 2021.

Dilansir crash, Pramac Racing Ducati sedang mencari pengganti Jack Miller, yang kemungkinan besar bakal dipromosikan ke tim utama Ducati Desmosedici. Hal ini dikarenakan Ducati Desmosedici belum berhasil memperpanjang kontrak Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, yang berakhir pada akhir musim.

CEO Pramac Racing Ducati, Francesco Guidotti, menyebut Jorge Martin, menjadi target utama mereka jika ditinggalkan Jack Miller. Meski begitu, pihaknya mengaku realistis karena banyak rival yang juga menginginkan pembalap 22 tahun itu, seperti KTM dan Honda.

"Saya tidak tahu apakah KTM akan melepaskan Jorge Martin, jika kami berusaha merekrutnya. Tim mana pun yang menginginkan Jorge Martin, harus pintar dan berani untuk mendapatkannya," kata Francesco Guidotti seperti dikutip crash.

Red Bull KTM menjadi tim yang paling berpeluang untuk merekrut Jorge Martin, karena saat ini dia bergabung dengan tim KTM Ajo di Moto2. Selain itu, kemampuan finansial tim asal Austria itu lebih baik dan dapat menawarkan kontrak lebih besar daripada tim-tim lain.

Dengan kekuatan finansial yang mereka miliki, Red Bull KTM juga menjadi salah satu alasan Andrea Dovizioso belum memperpanjang kontrak dengan Ducati. Pasalnya, Dovizioso, mendapat tawaran lebih besar dari KTM di saat Ducati memintanya menurunkan nilai kontrak akibat krisis yang dialami tim karena pandemi COVID-19.

Hal itu pun, disebut Francesco Guidotti, bisa membuat Jorge Martin tidak memilih Pramac Racing, jika Red Bull KTM menginginkan dia jadi pembalap mereka di MotoGP. Oleh karenanya, Pramac Racing terus menjajaki kemungkinan untuk mencari pengganti Jack Miller.

"Kami sedang mempersiapkan sejumlah nama, tetapi kami belum melakukan kontak dengan pembalap mana pun. Ada Jorge Martin, Lorenzo Baldassari, Alex Marquez, dan Jorge Navarro, yang masuk dalam rencana kami," ujar Francesco Guidotti.

Sementara itu, satu slot pembalap Pramac Racing Ducati di MotoGP 2021 dipastikan tetap diisi oleh Francesco Bagnaia. Meski pada musim pertamanya ia gagal memenuhi ekspektasi, Guidotti masih yakin dengan kemampuan juara dunia Moto2 2018 tersebut.

"Untuk Francesco Bagnaia, kami harus memberinya satu tahun lagi untuk membuktikan kemampuannya di MotoGP. Bahkan ketika MotoGP 2020 dilanjutkan, dia akan butuh waktu sehingga saya pikir dia pantas tetap bersama kami di MotoGP 2021," kata Francesco Guidotti.


Baca juga artikel terkait JORGE MARTIN atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight