MotoGP: Jack Miller Berpeluang Perkuat Tim Utama Ducati Musim 2021

Oleh: Permadi Suntama - 23 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berita MotoGP: Jack Miller diproyeksikan untuk menggantikan Danilo Petrucci, yang kontraknya kemungkinan tidak diperpanjang.
tirto.id - Pembalap tim satelit Pramac Racing Ducati, Jack Miller, berpeluang dipromosikan ke tim pabrikan Ducati Desmosedici di MotoGP 2021. Hal ini tidak terlepas dari situasi tim pabrikan asal Italia yang terancam kehilangan dua pembalapnya sekaligus pada akhir musim 2020.

Dilansir dari Motorsport, CEO Pramac Racing Ducati, Francesco Guidotti, menyebut pembalapnya sudah melakukan pembicaraan dengan tim pabrikan utama. Jack Miller diproyeksikan untuk menggantikan Danilo Petrucci, yang kontraknya kemungkinan tidak diperpanjang.

"Mengenai Jack Miller, Ducati Desmosedici sedang melakukan negosiasi dan sejauh yang saya tahu, pembicaraannya belum selesai. Tapi, tentu saja dari kedua belah pihak menginginkan segera melakukan kesepakatan, dan saya pikir dia akan bergabung dengan tim pabrikan," ujar Francesco Guidotti, dikutip Motorsport.

Penampilan pembalap asal Australia di MotoGP 2019 pun terbilang kompetitif dan menjadi pembalap terbaik kedua dari tim satelit setelah Fabio Quartararo, dari Petronas Yamaha. Sepanjang musim, ia berhasil lima kali naik podium meski tidak sekalipun berhasil memenangi Grand Prix di 2019.

Ia pun dianggap lebih konsisten daripada pembalap Ducati Desmosedici, Danilo Petrucci, yang tampil buruk di paruh kedua musim. Jack Miller yang finis di posisi kedelapan klasemen akhir MotoGP 2019 hanya berjarak 11 poin dari Danilo Petrucci, yang finis di posisi keenam.

Jika mampu mempertahankan performa seperti musim lalu, Francesco Guidotti, pun yakin pembalap asal Australia itu pantas untuk dipromosikan. Terlebih dengan situasi Ducati Desmosedici saat ini yang sulit memperpanjang kontrak Dovizioso karena masalah gaji, dan ragu untuk mempertahankan Danilo Petrucci.

“Setelah menjalani musim pertama yang sulit di MotoGP 2018, saya pikir Jack Miller telah menunjukkan potensi yang sangat bagus musim lalu dan membuat perubahan besar. Saya pikir, dia siap untuk bergabung dengan tim pabrikan utama," kata Francesco Guidotti.

"Kami telah mempersiapkan perbaikan musim ini dan berharap dia bisa menunjukkan penampilan yang lebih baik. Namun, kami belum memiliki kesempatan untuk melihat perkembangannya [karena balapan yang tertunda akibat COVID-19]," tambahnya.

Ducati Desmosedici saat ini terus berupaya untuk memastikan dua pembalap mereka di musim 2021. Mereka pun berencana untuk memastikan dua slot di tim pabrikan asal Italia sebelum MotoGP 2020 dimulai pada 19 Juli 2020 mendatang.

Rencana pertama mereka adalah mengontrak Andrea Dovizioso dan Jack Miller sebagai pembalap utama pada musim 2021. Namun, menurut manajer Andrea Dovizioso, Simone Battistella, belum ada tawaran pembicaraan lanjutan setelah kliennya menolak menurunkan nilai kontrak.

Jika Jack Miller benar-benar dipromosikan ke tim pabrikan Ducati Desmosedici, Pramac Racing Ducati telah mempersiapkan Jorge Martin sebagai penggantinya. Pembalap Moto2 itu pun sudah melakukan pembicaraan dengan Pramac Racing Ducati.


Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight