tirto.id - Layanan mobile banking PT Bank Central Asia (BCA) Tbk pagi ini, Rabu (19/12/2018) mengalami gangguan alias tidak dapat diakses dan sempat menuai keluhan nasabah di media sosial.
Direktur BCA Santoso Liem mengatakan gangguan layanan mobile banking yang dialami oleh konsumen merupakan kendala teknis akibat maintenance atau pemeliharaan database.
Meski maintenance database merupakan hal rutin dan biasa dilakukan, dikatakan Santoso, tapi tidak bisa dihindari adanya masalah teknis yang mengikuti pemeliharaan data tersebut.
“BCA melakukan maintenance database sejak semalam yang biasanya berjalan paralel dengan sistem layanan perbankan. Ada beberapa hal di luar perkiraan kami atas maintenance ini seperti adanya technical problem yang disebabkan maintenance tersebut,” kata Santoso kepada Tirto, Rabu (19/12/2018).
Meski demikian Santoso bilang bahwa persoalan teknis sistem dan layanan perbankan BCA ini masih di bawah kendali perseroan.
Menurut Santoso, diperkirakan pada pukul 10.00 WIB seluruh sistem dan layanan perbankan BCA sudah bisa kembali normal. Masyarakat dan nasabah pun bisa menggunakan seluruh layanan yang tersedia di BCA.
“Untuk sementara ini, mohon konsumen untuk menggunakan channel layanan perbankan lainnya seperti mesin anjungan tunai mandiri [ATM] BCA yang tersedia lebih dari 17.000 unit dan tersebar di seluruh Indonesia,” imbuh Santoso.
Penulis: Dea Chadiza Syafina
Editor: Maya Saputri