Milla: Gol Pertama Jadi Pengubah Nasib di Laga Indonesia vs Taiwan

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 13 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Luis Milla menyebut gol pembuka Lilipaly jadi kunci kemenangan Timnas U-23 Indonesia atas Taiwan.
tirto.id - Timnas U-23 Indoesia telah merampungkan laga pertamanya kontra Taiwan di Grup A kualifikasi sepak bola putra Sea Games di Stadion Patriot Chandrabhaga, Minggu (12/8/2018) dengan kemenangan telak 4-0. Dalam laga ini, pemain senior, Stefano Lilipaly jadi pusat perhatian berkat torehan dua gol dan satu assist.

Satu dari dua gol tersebut bahkan terjadi dengan proses "berkelas", yakni lewat tendangan salto. Memanfaatkan umpan silang kiriman Rezaldi Hehanusa, Lilipaly menyambarnya dengan aksi akrobatik yang membuat angka di papan skor berubah dari 2-0 menjadi 3-0.

Namun, pelatih Indonesia, Luis Milla menyebut jika gol yang paling melambungkan nama Lilipaly bukanlah aksi tendangan salto tersebut. Bila harus memuji salah satu dari sekian banyak aksi moncernya, Mlla lebih memiih keberhasilan mencetak gol pertama sebagai peran terpenting Lilipaly sepanjang 90 menit.

Gol tersebut mendapat pujian khusus dari Milla karena jadi penentu terhadap cara tim bekerja di waktu setelahnya. Seperti diketahui, sebelum tercipta gol pertama Lilipaly, Timnas U-23 Indonesia mandul. Tak satu pun gol mereka cetak, bahkan hingga babak pertama selesai.

Baru pada menit ke-67, ketika gol pertama Lilipaly tercipta, segalanya menjadi antiklimaks. Indonesia kian di atas angin dan bahkan mampu menambah tiga gol tambahan beruntun.

"Laga perdana selalu tidak mudah. Namun, kami bisa melewati dengan baik. Kita baru mendapatkan momentum di babak kedua dan pemain mulai percaya diri setelah Lilipaly mencetak gol," ungkap Milla seperti dikutip laman resmi PSSI.

Selain dwigol Lilipaly, dua gol lain Timnas U-23 Indonesia masing-masing dicetak Alberto Goncalves (Beto) dan Muhammad Hargianto. Jika diurutkan, gol Beto tercipta setelah gol pertama Lilipaly. Sedangkan milik Hargianto tercipta setelah gol kedua Lilipaly.

Dengan kemenangan tersebut, Timnas U-23 Indonesia kini bertengger di peringkat dua Grup A. Mengumpulkan tiga poin, Garuda tertinggal tiga angka dari Palestina yang telah memainkan dua pertandingan dan duduk di puncak.

Timnas U-23 Indonesia sendiri dijadwalkan langsung menantang Palestina di laga kedua. Jika tak ada perubahan jadwal, partai Timnas U-23 Indonesia vs Palestina bakal dihelat Rabu (15/8/2018) petang di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.

Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live