Michael Essien "Dikorbankan" Persib demi Jonathan Bauman?

Oleh: Agung DH - 1 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Persib berencana mendatangkan Jonathan Bauman.
tirto.id - Persib Bandung tengah melakukan perubahan formasi tim. Manajemen Persib pada Kamis (1/2/2018) mengumumkan untuk tidak memperpanjang kerjasama dengan Sergio van Dijk per 31 Januari 2018 kemarin. Selain mencoret van Dijk, Persib juga sedang mempertimbangkan mendepak Michael Essien.

Asisten pelatih Persib, Fernando Soler menyampaikan, saat ini pelatih Mario Gomes sudah mengantongi nama yang keluar dan calon pemain baru demi "reformasi" Maun Bandung. Jajaran pelatih Persib berencana mendatangkan pemain asing. Persib berencana mendatangkan striker asal Argentina, Jonathan Bauman untuk menambal posisi penyerang yang masih dianggap tumpul. Hal ini dilakukan untuk menghadapi Liga 1 musim depan, menyusul hasil buruk di Piala Presiden 2018 lalu.

"Bauman sudah komunikasi dengan kita, dia sudah siap karena dia sudah ikut kompetisi di Grecia yang sudah mulai kompetisi. Sudah siap main tidak usah latihan lagi," kata Soler.

Pelatih Persib asal Argentina, Mario Gomez juga tak menampik memang tengah mengincar Jonathan Bauman untuk melengkapi timnya musim depan. "Saya sudah mengetahui betul siapa dia. Dia striker yang sangat hebat dan haus gol. Usianya juga cukup muda," kata Gomez beralasan, seperti dikutip situs Persib.

Jonathan Bauman kelahiran Argentina. Kini ia berusia 26 tahun. Ia kini bermain di tim AOK Kerkyra di Liga Super Yunani. Kerkyra berada di peringkat ke-15 dari 16 klub di Liga Super Yunani. Selama 9 kali penampilan bersama Kerkyra, Jonathan belum pernah mencetak gol.

Persib saat ini memiliki tiga pemain asing non-Asia yakni Michael Essien, Bojan Malisic, dan Ezechiel N'Douassel. Salah satu pemain tersebut harus "dikorbankan" bila Persib mau mendatangkan satu pemain asing non-Asia lagi. Sesuai ketentuan, jatah pemain asing non-Asia di Liga 1 paling banyak tiga orang sedangkan pemain asing Asia satu pemain.

Dengan regulasi seperti itu, kemungkinan Essien yang sudah tidak mengikuti latihan bersama Persib bakal dikorbankan. "Berapa hari sudah tidak ada di sini (latihan), kita tunggu itu dia, evaluasi dia dari mana," ujar asisten pelatih Fernando Soler.

Antara melaporkan Essien sudah beberapa kali tidak mengikuti latihan bersama Persib. Mantan pemain Chelsea ini terakhir mengikuti latihan bersama skuat Maung Bandung sebelum melakoni laga melawan PSMS Medan di Piala Presiden 2018 awal Januari lalu.

Soler juga tidak menepis bahwa Essien sudah tidak mengikuti latihan. "Iya, masih dipertimbangkan," kata Soler menegaskan.

Namun mengenai kepastian nasib Essien di Persib, Soler tidak bisa menjelaskan detil. Ia menyampaikan bahwa jajaran pelatih maupun manajemen masih tengah melakukan evaluasi. "Kita tunggu hasil evaluasi dia (Essien) apakah bisa main nanti atau tidak," kata Soler.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight