Mentan Pastikan 12 Komoditas Pangan Aman Jelang Lebaran 2023

Reporter: Hanif Reyhan Ghifari, tirto.id - 12 Apr 2023 20:01 WIB
Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan 12 komoditas pangan aman menjelang lebaran 2023.
tirto.id - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan 12 komoditas pangan aman menjelang lebaran 2023. Mengingat, lebaran nanti akan meningkatkan konsumsi masyarakat.

Syahrul memastikan 12 komoditas pangan termasuk daging aman. Diketahui, 12 komoditas pangan pokok meliputi beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar dan cabai rawit. Termasuk daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula dan minyak goreng.

“Tugas saya kan ketersediaan, mau beras, mau apa, 12 komoditi termasuk daging tersedia,” ucap Syahrul usai menghadiri rapat di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Selain itu, mengenai masalah kenaikan harga menjelang lebaran bukan kewenangannya. Namun, ia menegaskan bahwa kenaikan harga sejumlah komoditas khususnya bahan pokok sesuai dinamika dan momentum hari besar seperti Lebaran.

“Kalau harga bukan dari saya, itu dinamikanya sesuai dengan momentum yang ada,” ujarnya.

Syahrul menambahkan, pemerintah akan terus gencar melakukan netralisasi atau normalisasi pasar demi menjamin ketersediaan barang atau pangan yang dibutuhkan masyarakat.

“Tetapi saya untuk mandiri sekarang, pasar-pasar yang ada mendekatkan produsen kita daerah-daerah produsen masuk ke pasar dengan demikian kita berharap netralisasi atau normalisasi pasar bisa dilakukan,” jelasnya.





Baca juga artikel terkait PAN atau tulisan menarik lainnya Hanif Reyhan Ghifari
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hanif Reyhan Ghifari
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Reja Hidayat

DarkLight