Menkeu Sri Mulyani Pastikan Gaji ke-13 PNS Cair Bulan Ini

Oleh: Hendra Friana - 12 Juni 2019
Menurut Sri Mulyani, gaji ke-13 untuk PNS seharusnya sudah cair jelang Lebaran 2019 lalu.
tirto.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan bahwa pencairan gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dilakukan bulan Juni 2019 ini. Menurut Sri Mulyani, seharusnya gaji ke-13 bahkan sudah cair usai Lebaran lalu.

"Sesuai dengan yang kita sampaikan akan dibayarkan pada bulan Juni ini. Nanti kita lihat, mestinya kalau hari ini tidak ada laporan, pasti sudah sesuai dengan apa yang kita jadwalkan," tandas Sri Mulyani di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebelumnya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp40 triliun untuk Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi PNS.Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah menandatangani Peraturan Penerimaan (PP) terkait dengan pencairan gaji ke-13 pada awal Mei 2019 lalu.

Dengan asumsi seluruh THR dan gaji ke-13 PNS, TNI, dan Polri dibelanjakan, Sri Mulyani berharap ada tambahan Rp20 triliun konsumsi yang masuk ke komponen Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal II/2019.


"Mungkin nanti kita hitung berapa jumlahnya [PDB]. Maka pengaruhnya langsung. Kalau tidak semuanya langsung dibelanjakan, walaupun menjelang Lebaran itu dia extra belanja, sehingga kita berharap dia [PDB] pengaruhnya lebih besar dibandingkan bulan-bulan biasa," papar Sri Mulyani.

Selain dari belanja, THR juga dapat berdampak positif bagi konsumsi, karena adanya peningkatan pendapatan kepada produsen, sehingga bisa digunakan kembali untuk kegiatan konsumsi.

Baca juga artikel terkait GAJI KE-13 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Iswara N Raditya