Menkes Terawan: Dua Orang Terkena Virus Corona di Depok

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 2 Mar 2020 12:14 WIB
Terawan mengatakan kasus virus Corona pertama di Indonesia ini terdeteksi kemarin, Ahad (1/3/2020).
tirto.id - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dua orang Indonesia terinfeksi virus Corona atau COVID-19 di Depok, Jawa Barat.

"Rumahnya dicek, ibu dan anak, usianya 64 tahun dan 31tahun. Sudah melakukan isolasi rumah. Terkenanya di Jakarta, daerah Depok," kata Terawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Terawan mengatakan kasus virus Corona pertama di Indonesia ini terdeteksi kemarin, Ahad (1/3/2020). "Kami langsung melakukan pemeriksaan," kata dia.

Menurut Presiden Joko Widodo, dua orang tersebut terjangkit virus Corona setelah kontak langsung dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

"Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, ditelusuri, dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," ujar Jokowi di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Setelah dicek oleh tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kedua orang ini dipastikan positif terjangkit virus Corona.

"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona," jelas Jokowi.

Namun Jokowi tak menjelaskan detail identitas kedua orang tersebut. Ia hanya memastikan keduanya sudah ditangani di rumah sakit, meski ia tak menyebut rumah sakit yang dimaksud.



Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight