Menhub Minta Jajarannya Bersiap Hadapi Musim Mudik Lebaran 2018

Oleh: Naufal Mamduh - 14 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Budi Karya memberi pesan kepada Dirjen Perhubungan Darat untuk mempersiapkan diri menghadapi musim mudik lebaran pada bulan Juni tahun ini.
tirto.id - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengimbau kepada jajarannya untuk mempersiapkan diri menjelang musim mudik lebaran. Hal ini dikemukakan Budi Karya dalam pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perhubungan Darat di Hotel Bidakara, Rabu(14/03/2018).

Dalam sambutannya Budi Karya mengatakan bahwa dalam menghadapi tantangan mengenai transportasi di Indonesia jajaran Dinas Perhubungan di seluruh Indonesia harus bersinergi agar koordinasi bisa berjalan maksimal.

"Kita harus satukan persepsi dan kerja sama. Penyatuan persepsi ini penting agar kita bisa berkoordinasi dengan baik dan menyelesaikan isu-isu yang krusial," ucap Budi Karya.

Ia juga memberi pesan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi untuk mempersiapkan diri menghadapi musim mudik lebaran pada bulan Juni tahun ini.

"Penyediaan angkutan lebaran adalah suatu hal yang menjadi puncak pekerjaan bagi kita semua. Pada saat lebaran nanti kita akan diuji apakah kita mampu melewati ujian tersebut dengan baik atau tidak," ucapnya.

Budi Karya menambahkan bahwa pada tahun lalu Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan bisa memberikan pelayanan yang optimal pada musim mudik lebaran. Kondisi itu diharapkan dapat terulang lagi secara sinergis bersama Polri.

"Kami ingin berita mudik lebaran itu beritanya baik-baik seperti kemarin. Tahun lalu kami berterima kasih kepada Kapolri dan pemerintah kabupaten/kota dan harapannya tahun ini kita bisa mengulangnya dan lebih baik lagi" ucapnya.

Terakhir, Budi Karya berharap rapat koordinasi kali ini bisa menjadi ajang evaluasi dan edukasi demi perbaikan transportasi di Indonesia sesuai pesan Presiden Joko Widodo.

"Pak Presiden berpesan bahwa setiap tahun harus ada perbaikan dan cara melakukan perbaikan dengan evaluasi. Saya berharap bahwa rakornas ini bisa menjadi acuan untuk mengedukasi dan mengevaluasi dalam sistem transportasi darat di Indonesia," tutupnya.

Acara rakornas sendiri dihadiri oleh 530 kepala Dinas Perhubungan kabupaten/kota di Indonesia. Ada juga penandatanganan nota kesepakatan antara Dirjen Perhubungan Darat dan PT XL Axita tbk Tentang Aksi Keselamatan Lalu Lintas Jalan di Indonesia dan antara Dirjen Perhubungan Darat dengan PT Robert Bosch tentang Program Aksi Keselamatan Jalan.


Baca juga artikel terkait MUDIK 2018 atau tulisan menarik lainnya Naufal Mamduh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Naufal Mamduh
Penulis: Naufal Mamduh
Editor: Yuliana Ratnasari
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live