Menhub Harap Pemudik Coba Wisata Kuliner Sebelum Balik ke Jakarta

Oleh: Lalu Rahadian - 14 Juni 2018
Konsep wisata kuliner di beberapa daerah sudah dipersiapkan pemerintah.
tirto.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap para pemudik dapat singgah ke beberapa daerah untuk wisata kuliner sebelum kembali dari kampung halaman ke Jakarta. Harapan itu disampaikan sebagai upaya Menhub mengurangi potensi penumpukan kendaraan di jalan tol saat arus balik dimulai.

Menurut Budi, konsep wisata kuliner di beberapa daerah sudah dipersiapkan pemerintah. Ia menyebut wilayah-wilayah yang bisa disinggahi pemudik saat milir adalah Batang, Tegal, Brebes, dan Pekalongan.

"Kalau kemarin kami milir dengan rest area itu tanpa konsep, sekarang ini kami milir dengan konsep wisata kuliner [...] Karenanya kami akan kampanye kearifan lokal tersebut agar pemilir bisa mendapat tempat yang fresh untuk makan, cari oleh-oleh," ujar Budi di kantornya, Kamis (14/6/2018).

Budi memprediksi arus balik akan dimulai pada hari kedua Idul Fitri, Sabtu (16/6/2018). Masa cuti bersama yang ditetapkan pemerintah akan berakhir pada Selasa (19/6/2018).

"Kami minta bantuan kepolisian meningkatkan tata laksana proses di rest area. Karena kami merasa pemudik sudah terlalu capek di kampung sehingga dia tak punya daya tahan sebaik seperti saat mudik, sehingga mereka besar kemungkinan sering mencari tempat untuk istirahat," tuturnya.

Berdasarkan data yang dirilis PT Jasa Marga, sudah ada 646 ribu kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama. Jumlah tersebut meningkat 37 persen dari volume lalu lintas normal.

Jasa Marga mencatat distribusi lalu lintas dari Cikarang Utama ke jalur utara sebesar 61 persen. Sedangkan untuk kendaraan yang menuju jalur selatan adalah 39 persen.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Alexander Haryanto