Mengenal Tokoh Slender Man yang Menjadi Ikon Remaja Pembunuh Balita

Oleh: Adrian Samudro - 11 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal tokoh Slender Man, karakter fiksi horor yang disebut menjadi tokoh favorit remaja pembunuh balita.
tirto.id - Kasus pembunuhan balita berusia 5 tahun yang melibatkan tersangka seorang remaja perempuan NF (15) di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat tengah menggemparkan masyarakat.

Dalam penyelidikan Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat, diketahui selama ini pelaku NF gemar menonton film horor seperti Chucky dan mahir menggambar.

Sejumlah coretan tangan atau gambar dari tersangka pembunuh balita tersebut menampilkan beberapa karakter fiksi seperti anime perempuan dengan raut wajah yang sedang menangis.

Ada pula karakter fiksi horor yang disebut menjadi tokoh favorit pelaku yakni The Slender Man. Lantas apa itu sebenarnya The Slender Man, yang diduga jadi inspirasi dari kasus pembunuhan ini?


Dilansir dari OMG Facts, The Slender Man merupakan salah satu creepypasta atau cerita horor yang tersebar secara online melalui berbagai platform seperti pesan percakapan dan forum.

Karakter fiksi ini berawal dari meme internet yang muncul kali pertama di Forum Something Awal yang diunggah oleh pengguna Eric Knudsen pada Juni 2009 silam.

Pada unggahannya tersebut, ia menyisipkan sosok buram, tidak menyenangkan, tinggi seperti tongkat di belakang sekelompok anak-anak dalam sebuah foto yang disertai dengan sebuah tulisan.

“Kami tidak ingin pergi, kami tidak ingin membunuh mereka, tetapi kesunyian yang terus-menerus dan lengan yang terulur membuat kami ngeri dan menghibur kami pada saat yang sama,” tulis Eric sebagaimana dikutip dari Vulture.

The Slender Man memiliki rupa yang mirip seperti seorang pria dengan lengan dan kaki yang sangat panjang serta bertubuh ramping. Karakter ini juga memiliki tentakel hitam panjang yang jumlahnya berkisar antara 4 hingga 8 buah.

Dia digambarkan pula mengenakan jas hitam dan tampak sangat tipis. Tokoh horor ini mampu mergangkan anggota tubuhnya hingga sangat panjang untuk menimbulkan rasa takut pada korbannya.

Ketika lengannya terentang, korban akan merasa terhipnotis dan membuat mereka seakan tak berdaya untuk menghentikan diri dari dekapan makhluk tersebut.

Karakter fiksi ini dikisahkan suka menculik orang, terutama anak-anak. Namun belum diketahui apakah ia menyerap, membunuh atau hanya membawa korban ke dimensi lain yang rahasia, demikian ditulis laman Fandom.


Baca juga artikel terkait SLENDER MAN atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight